Phinisi Mengarungi tiada akhir

Rabu, 20 Juli 2011

Pedoman Penulisan dan Pelaksanaan Ujian Skripsi

BAB II
PROSEDUR ADMINISTRASI AKADEMIK
DALAM PENULISAN TUGAS AKHIR (SKRIPSI)

A. Persyaratan dan Prosedur Permohonan
1. Persyaratan:
Untuk mengambil mata kuliah/Tugas Akhir (Skripsi), mahasiswa harus memenuhi persyaratan sebagai berikut:
a. Telah melunasi uang SPP dan kewajiban lainnya sampai pada semester mahasiswa yang bersangkutan mengikuti ujian;
b. Telah melulusi jumlah kredit 142 SKS
c. IP Kumulatif sama atau lebih besar dari 2,00 (IPK2)
d. Telah melulusi mata kuliah Metode Penelitian dan telah menyelesaikan Kuliah kerja Nyata (KKN).

2. Prosedur Permohonan
Prosedur permohonan Penulisan Tugas Akhir (Skripsi) bagi mahasiswa yang memenuhi persyaratan, sejak mengusulkan judul sampai menyelesaikan studi pada garis besarnya ada 7 tahap, yaitu:
1. Penentuan Judul Proposal/Usulan Penelitian
2. Penetapan Pembimbing
3. Penyusunan Propsal/Usulan penelitian
4. Seminar Proposal/Usulan Penelitian
5. Penelitian
6. Penyusunan Skripsi
7. Ujian Skripsi

a. Tahapan Pengajuan Judul
1) Pada awal pengisian KRS mahasiswa melalui dosen Penasihat Akademik (PA) memasukkan rencana pengambilan mata kuliah Tugas Akhir (Skripsi) dalam KRS.
2) Mahasiswa mengambil Surat Keterangan tentang bagian yang dipilih berdasarkan mata kuliah yang dilulusinya.
3) Dalam jangka waktu 2 (dua) minggu setelah pengisian KRS, mahasiswa yang bersangkutan harus sudah mengajukan judul (sementara) Tugas Akhir (Skripsi) dengan mencantumkan model penulisan, apakah Skripsi, Memorandum Hukum, atau Studi Kasus, yang disertai dengan rumusan masalah atau posisi kasusnya (1-2 halaman).
4) Judul dan rumusan masalah harus didukung oleh data awal berupa adanya peristiwa hukum atau kasus-kasus konkret yang dibuktikan dengan melampirkan, seperti putusan pengadilan, keputusan lembaga dimana kasus terjadi, registrasi kasus, dan lain-lain.
5) Pembantu Dekan I memeriksa kesesuaian antara judul dengan Bagian dan model penulisannya.
6) Ketua/Sekretaris Bagian menilai kelayakan judul yang bersangkutan dan mengusulkan calon Pembimbing I dan Pembimbing II, serta 3 (tiga) sampai 5 (lima) anggota penguji dengan mempertimbangkan kompetensi, pelaksanaan tanggungjawab, dan distribusi penugasan.
7) Dekan melalui Pembantu Dekan I menerbitkan Surat Keputusan Pembimbing dan Surat Penugasan Penguji.
8) Selambat-lambatnya 2 (dua) minggu setelah penunjukan Dosen Pembimbing, mahasiswa harus sudah menyampaikan Judul dan Pokok-pokok Pikiran Penulisan Tugas Akhir (Skripsi) kepada Dosen Pembimbing.
9) Judul, Pembimbing, dan Tim Penguji yang telah disetujui, selanjutnya diregistrasikan pada Sub Bagian Akademik. Sejak saat itu proses penulisan Tugas Akhir (Skripsi) dimulai.

b. Tahapan dalam Hal Terjadi Perubahan Judul
- Dalam hal terjadi perubahan judul, maka Dosen Pembimbing tetap dan berlaku prosedur tahapan pembimbingan pada Dosen Pembimbing.
- Dalam hal terjadi perubahan judul dan perubahan Dosen Pembimbing, maka prosedur penggantian dilakukan dengan cara sebagaimana tahapan 2.a.1 s/d 7.


SKEMA PROSEDUR PENETAPAN JUDUL PROPOSAL/USULAN PENELITIAN
UNTUK PENULISAN TUGAS AKHIR (SKRIPSI)






Keterangan:
(1) Mahasiswa menyiapkan rencana judul penelitian untuk penulisan tugas akhir (skripsi);
(2) Penasihat Akademik memberikan arahan tentang persiapan dan prosedur pengajuan rencana judul penelitian mahasiswa yang bersangkutan;
(3) Kasubag Akademik memeriksa KRS dan Transkrip Nilai Sementara sebagai dasar penentuan Bagian mahasiswa yang bersangkutan;
(4) Dekan/PD1 memeriksa kesesuaian judul yang diusulkan mahasiswa dengan bagiannya dan mendisposisikan ke bagian yang terkait.
(5) Bagian menilai kelayakan judul dan rumusan masalah, isu hukum, atau kasus posisi, serta mengusulkan dosen pembimbing (Pembimbing I dan II) dan tiga dosen penguji sebagai Tim Penilai/Penguji Proposal;
(6) Meminta kesediaan dosen pembimbing dan penguji sebagai Tim Penilai/Penguji Proposal;
(7) Kasubag Akademik meregistrasi judul proposal usulan penelitian yang telah disetujui Bagian dan menyiapkan Surat Keputusan Dekan untuk penugasan kepada dosen yang bersangkutan.
(8) Dekan/PD1 menetapkan dosen pembimbing dan penguji sebagai Tim Penilai/Penguji Proposal Usulan Penelitian mahasiswa yang bersangkutan.


B. Proses Pembimbingan
1. Pada dasarnya proses pembimbingan penulisan Tugas Akhir (Skripsi) dimulai sejak judul dan penetapan dosen pembimbing telah disahkan oleh Pembantu Dekan I atas nama Dekan.
2. Proses pembimbingan diawali dengan penyusunan proposal penulisan Tugas Akhir (Skripsi) sesuai format (lihat contoh format) dan semua kegiatan pembimbingan dicatat dalam Buku Konsultasi Penulisan Tugas Akhir (Skripsi) oleh Dosen Pembimbing yang memuat: tanggal, uraian konsultasi dan ditandatangani oleh dosen pembimbing dan mahasiswa.
3. Dalam proses pembimbingan mahasiswa wajib mengisi buku Konsultasi Penulisan Tugas Akhir (Skripsi) yang merupakan dasar evaluasi proses pembimbingan, dan ditandatangani dosen pembimbing pada setiap konsultasi.
4. Apabila proses pembimbingan belum selesai dalam waktu satu semester, pada semester berikutnya penulisan Tugas Akhir (Skripsi) harus diprogramkan kembali dalam KRS.
5. Proses pembimbingan berakhir pada saat pembimbing memberikan persetujuan tertulis pada naskah Penulisan Tugas Akhir (Skripsi) yang dinyatakan lulus ujian dan telah diperbaiki sebagaimana mestinya.

C. Penyusunan Usulan Penelitian (Proposal)
Penyusunan proposal/usulan penelitian adalah langkah yang menyusul setelah diterimanya judul proposal/usulan penelitian mahasiswa. Usulan penelitian yang dimaksudkan di sini adalah rencana yang dituangkan dalam bentuk rancangan kerja.

C.1. Proposal Model Skripsi:
Format proposal/usulan penelitian model Skripsi dalam rangka penyusunan tugas akhir (skripsi) adalah sebagai berikut:
1. Judul
2. Pendahuluan
A. Latar Belakang Masalah
B. Rumusan Masalah
C. Tujuan dan Kegunaan
3. Tinjauan Pustaka dan Hipotesis (jika ada)
4. Metode Penelitian
A. Lokasi Penelitian
B. Teknik Pengumpulan Data
C. Jenis dan Sumber Data
D. Analisis Data
5. Sistematika Penulisan
6. Daftar Pustaka
7. Waktu Penelitian
8. Lampiran (Kuisioner jika ada)

C.2. Proposal Model Memorandum Hukum (legal memorandum):
Format proposal/usulan penelitian model Memorandum Hukum (legal memorandum) dalam rangka penyusunan tugas akhir (skripsi) adalah sebagai berikut:
1. Judul
2. Pendahuluan
3. Kasus Posisi:
A. Para Pihak
B. Uraian Fakta
C. Permasalahan Hukum (Legal issues)
4. Metode Pendekatan
5. Sistematika Penulisan
6. Daftar Pustaka
7. Waktu Penelitian
8. Lampiran

C.3. Proposal Model Studi Kasus (case study):
Format proposal/usulan penelitian model Studi Kasus (case study) dalam rangka penyusunan tugas akhir (skripsi) adalah sebagai berikut:
1. Judul
2. Pendahuluan
3. Tinjauan Pustaka
4. Kasus Posisi
5. Perumusan Intisari Putusan
6. Metode Pendekatan
7. Sistematika Penulisan
8. Daftar Pustaka
9. Waktu Penelitian
10. Lampiran Kasus



D. Seminar Proposal/Usulan Penelitian
Ketentuan pelaksanaan seminar adalah sebagai berikut:
1. Seminar usulan penelitian dilaksanakan untuk mendapatkan masukan dari para dosen maupun dari mahasiswa lainnya;
2. Sebelum diseminarkan, usulan penelitian terlebih dahulu harus disetujui oleh para pembimbing yang bersangkutan. Contoh format persetujuan usulan penelitian (terlampir)
3. Waktu seminar usulan penelitian ditentukan setelah mendapat konfirmasi kesediaan pembimbing untuk menghadiri seminar. Format usulan jadwal seminar (terlampir);
4. Untuk memudahkan para pembimbing dan penilai mempersiapkan diri, maka undangan seminar disertai naskah usulan penelitian mahasiswa yang bersangkutan, sudah harus diterima oleh seluruh pembimbing dan penilai, selambat-lambatnya 3 hari sebelum pelaksanaan seminar. Contoh format tanda terima undangan seminar dan usulan penelitian (terlampir);
5. Seminar usulan penelitian dipimpin oleh pembimbing, dihadiri oleh 3 dosen penilai/penguji atau sekurang-kurangnya 2 dosen penilai/penguji serta mahasiswa yang mempersiapkan diri mengikuti seminar/ujian skripsi;
6. Seminar usulan penelitian hanya dimungkinkan bagi mahasiswa yang telah menghadiri sekurang-kurangnya 5 kali seminar usulan penelitian yang dibuktikan dengan kartu presensi seminar. Contoh format kartu presensi seminar usulan penelitian (terlampir);
7. Seminar usulan penelitian merekomendasikan masukan bagi mahasiswa dalam melaksanakan penelitian untuk penyusunan skripsi yang bersangkutan;
8. Catatan tentang berbagai masukan yang diperoleh melalui seminar, ditulis oleh Sekretaris Panitia Seminar dalam bentuk notulen dan dilampirkan sebagai bagian yang tidak terpisahkan dengan berita acara seminar;
9. Tema yang terkandung dalam judul skripsi tidak dapat dibatalkan melalui seminar usulan penelitian.
10. Judul usulan penelitian yang disetujui dalam seminar proposal/usulan penelitian dicatat dalam daftar registrasi judul skripsi pada Kasubag Akademik.

E. Penelitian
1. Penelitian dilaksanakan setelah usulan penelitian dinyatakan diterima melalui seminar dan telah diperbaiki sebagaimana yang disarankan pada waktu seminar;
2. Izin penelitian diberikan sesuai keperluan setelah mendapat rekomendasi pembimbing;
3. Permohonan izin penelitian diajukan kepada Pembantu Dekan I dengan melampirkan Berita Acara Seminar Usulan Penelitian. Contoh format berita acara seminar usulan penelitian (terlampir).

Skema Pelaksanaan Seminar Proposal/Usulan Penelitian:


BAB III
MODEL DAN SISTEMATIKA PENULISAN TUGAS AKHIR (SKRIPSI)


1. SKRIPSI
a. Langkah-langkah:
1. Judul
2. Penulisan proposal
3. Penyusunan Instrumen Penelitian
4. Pengurusan Izin Penelitian
5. Pelaksanaan Penelitian Lapangan
6. Pengolahan Data
7. Analisis Data
8. Penyusunan Laporan
b. Sistematika:
1. Bagian Awal
a) Halaman Judul
b) Halaman Persetujuan Pembimbing
c) Halaman Pengesahan
d) Halaman Pernyataan Keaslian Tulisan
e) Abstrak – Maksimal 100 kata dengan kata kunci
f) Kata Pengantar
g) Daftar Tabel (kalau ada)
h) Daftar Ragaan (kalau ada)
2. Bagian Isi
BAB I PENDAHULUAN
A. Latar Belakang Masalah
Bagian ini berisi gambaran isu hukum yang menarik minat peneliti, untuk melakukan penelitian di bidang hukum.
B. Rumusan Masalah
Rumusan masalah didasarkan pada gambaran isu hukum yang disusun dalam kalimat tanya atau pernyataan yang padat.
C. Tujuan dan Kegunaan Penelitian
Pada bagian ini diuraikan tentang tujuan yang ingin dicapai oleh penulis, sehingga penulis memilih untuk membahas permasalahan hukum yang dipilih, dan dikemukakan kegunaan teoretik dan/atau praktis dari hasil penelitian.
D. Keaslian Penelitian
Pada bagian ini peneliti harus menunjukkan tulisan-tulisan lain yang sejenis namun berbeda dengan substansi yang ditulisnya.
E. Metode Penelitian
Pada bagian ini dikemukakan tentang pendekatan yang dilakukan dalam membahas permasalahan hukum yang dipilih dan berbagai penjelasan tentang pendekatan tersebut.
BAB II TINJAUAN PUSTAKA DAN ANALISIS PERMASALAHAN PERTAMA
(Judul bab dan sub bab disesuaikan dengan permasalahan pertama).
Pada bab ini dilakukan pembahasan dengan menguraikan tentang konsep, teori, asas, norma, doktrin, yang relevan dengan permasalahan pertama serta menganalisis berdasarkan pendekatan yang dipilih pada bagian metode penelitian.

BAB III TINJAUAN PUSTAKA DAN ANALISIS PERMASALAHAN KEDUA
(Judul bab dan sub bab disesuaikan dengan permasalahan kedua).
Pada bab ini dilakukan pembahasan dengan menguraikan tentang
konsep, teori, asas, norma, doktrin, yang relevan dengan permasalahan pertama serta menganalisis berdasarkan pendekatan yang dipilih pada bagian metode penelitian.

BAB IV TINJAUAN PUSTAKA DAN ANALISIS PERMASALAHAN KETIGA ….. DST.

BAB V PENUTUP
A. Simpulan/Kesimpulan
Merupakan jawaban dari setiap rumusan masalah.
B. Saran
Merupakan rekomendasi terhadap permasalahan yang dihadapi.




























2. MEMORANDUM HUKUM (Legal Memorandum)
a. Langkah-langkah
1. Judul
2. Penulisan proposal
3. Penyusunan Instrumen Penelitian
4. Pengurusan Izin
5. Pelaksanaan Penelitian Lapangan
6. Pengolahan Data
7. Analisis Data
8. Penyusunan Laporan
b. Sistematika
1. Bagian Awal
a. Halaman Judul (Cover)
b. Halaman Persetujuan Pembimbing
c. Halaman Pengesahan
d. Halaman Pernyataan Keaslian Tulisan
e. Abstrak –Maksimal 100 kata dengan kata kunci
f. Kata Pengantar
g. Daftar Isi
2. Bagian Isi:
BAB I PENDAHULUAN
BAB II KASUS POSISI
1. Para Pihak
2. Uraian Fakta
3. Permasalahan Hukum (Legal issues)

BAB III PENELUSURAN BAHAN HUKUM
1. Undang-undang - Pengertian
2. Yurisprudensi - Tinjauan Umum
3. Teori/Asas Hukum - Prinsip Dasar
4. Pendapat Para Ahli

BAB IV ANALISIS HUKUM
1. Fakta Hukum
2. Ketetapan atas Fakta-Fakta Hukum

BAB V PENDAPAT HUKUM
1. Rekomendasi (Aplikasi Yuridis)
2. Solusi Hukum (Litigasi dan Non Litigasi)
3. Prediksi Hukum (Hambatan dan Peluang)

BAHAN RUJUKAN:
1. Buku-buku
2. Dokumen
3. Narasumber

3. Bagian Akhir
LAMPIRAN
Catatan: Selain Format Legal Memorandum secara rinci tersebut, mahasiswa juga dituntut harus dapat membuat legal memorandum secara praktis berdasarkan ringkasan dari format tersebut, yang akan diajarkan dalam mata kuliah metode penelitian dan penulisan tugas akhir (skripsi) atau praktikum hukum.

3. STUDI KASUS (Case Study)
a. Langkah-langkah
1. Menetapkan kasus hukum
2. Melakukan penelitian hukum dan pemeriksaan dokumen
3. Menampilkan pendapat / rekomendasi hukum
b. Sistematika
1. Bagian Awal
a. Halaman Judul (Cover)
b. Halaman Persetujuan Pembimbing
c. Halaman Pengesahan
d. Halaman Pernyataan Keaslian Penelitian
e. Abstrak –Maksimal 100 kata dengan kata kunci
f. Kata Pengantar
g. Daftar Isi
2. Bagian Isi:
BAB I PENDAHULUAN
Pada BAB ini disajikan fakta-fakta atau kasus serta kerangka pemikiran secara ringkas sehingga timbul permasalahan
BAB II TINJAUAN PUSTAKA
Berisi sajian atau paparan mengenai norma-norma, asas-asas hukum yang berhubungan dengan kasus yang bermanfaat sebagai pisau analisis
BAB III KASUS POSISI
Pada bagian ini disajikan kasus posisi dan menentukan masalah hukum atas kasus tersebut
BAB IV PERUMUSAN INTISARI PUTUSAN
Pada bab ini disajikan:
a. Perumusan intisari putusan dari pengadilan tingkat pertama sampai dengan tingkat kasasi atau lembaga ajudikasi lainnya yang telah mempunyai kekuatan hukum yang tetap (Inkracht).
b. Pertimbangan-pertimbangan hukum yang menjadi dasar putusan.
BAB V ANALISIS KASUS
Analisis hukum terhadap keputusan yang dimuat dalam BAB III dilakukan dengan menggunakan norma atau asas hukum serta doktrin hukum yang berhubungan dengan kasus sehingga jelas terlihat hubungan antara bagian dalam sistematika penulisan tugas akhir (skripsi).
BAB VI SIMPULAN
Rekomendasi dan Saran

3. Bagian Akhir
a. Daftar Pustaka
b. Lampiran Kasus
BAB IV
FORMAT PENULISAN TUGAS AKHIR (SKRIPSI)

1. Bagian Awal
Penyusunan skripsi dilaksanakan atas arahan pembimbing dan dengan memperhatikan masukan yang telah diperoleh melalui seminar usulan penelitian. Penyusunan skripsi dinyatakan selesai setelah mendapat pesetujuan Pembimbing I dan II, dibuktikan dengan penandatanganan lembar persetujuan skripsi. Contoh format persetujuan skripsi (terlampir).
Tata cara dan format penulisan skripsi harus disesuaikan dengan ketentuan di bawah ini:
a. Sampul
1). Sampul dicetak dengan huruf kapital berwarna hitam. Istilah asing ditulis sesuai aturan yang berlaku.
2). Sampul memuat:
(a) Lambang Universitas Hasanuddin berukuran tinggi empat sentimeter dengan lebar proporsional, diletakkan pada jarak 5 cm dari tepi atas kertas;
(b) Judul skripsi ditulis dengan huruf (font) “Arial, Times New Roman, atau Calibri” ukuran (size) 16 dengan karakter spasi “normal” (bukan expanded [renggang] dan/atau condensed [padat]) serta dicetak dengan tinta warna hitam. Letak judul diatur sedemikian rupa sehingga tampak di tengah-tengah halaman dan jarak antara baris pertama dengan baris kedua dan seterusnya adalah dua spasi;
(c) Nama dan Nomor induk mahasiswa/penulis skripsi, harus lengkap dan tidak boleh disingkat;
(d) Bagian/Jurusan yang menjadi minat mahasiswa;
(e) Tulisan Fakultas Hukum, Universitas Hasanuddin, Makassar dan tahun lulus, dicetak di bagian bawah kertas menggunakan huruf kapital;
3). Ukuran sampul, sedikit lebih besar dari kertas naskah sehingga tampak menonjol di tiga sisinya;
4). Bentuk tampilan serta isi sampul skripsi, sesuai dengan contoh (terlampir).
b. Halaman judul
1). Halaman judul diberi nomor halaman dengan angka romawi kecil (i) di bawah ujung kanan dan simetris;
2). Penulisan judul tidak boleh disingkat;
3). Judul harus ditulis dengan huruf kapital, sedangkan sub judul (jika ada) ditulis dengan huruf kapital hanya pada huruf depan tiap kata, kecuali kata sambung;
4). Halaman judul berisi:
(a) Model penulisan skripsi (Skripsi, Memorandum Hukum, atau Studi Kasus) ditulis dengan huruf kapital, baris pertama diketik lima sentimeter dari pinggir atas kertas;
(b) Judul skripsi (ditulis dengan huruf kapital) menggunakan huruf (font) “Arial, Times New Roman, atau Calibri” ukuran (size) 16 dengan karakter spasi “normal”;
(c) Nama lengkap dan nomor induk mahasiswa/penulis;
(d) Keterangan persyaratan;
(e) Bagian, Fakultas, Universitas, tempat, bulan dan tahun lulus.
5). Contoh halaman judul terlampir.
c. Halaman pengesahan
1). Halaman pengesahan diberi nomor halaman dengan angka romawi kecil di ujung kanan bawah dan simetris;
2). Di bawah baris/kata Halaman Pengesahan dicantumkan dalam kurung model skripsi (Skripsi, Memorandum Hukum, atau Studi Kasus);
3). Halaman ini memuat keterangan bahwa skripsi yang bersangkutan telah dipertahankan di hadapan dan diterima oleh panitia ujian skripsi;
4). Contoh halaman pengesahan terlampir.
d. Halaman Persetujuan Pembimbing
1). Halaman persetujuan pembimbing juga diberi nomor halaman dengan angka romawi kecil di ujung kanan bawah dan simetris;
2). Halaman ini berisi keterangan bahwa skripsi yang bersangkut-an telah diperiksa dan disetujui oleh para pembimbing untuk diajukan dalam ujian skripsi;
3). Halaman ini memuat:
(a) Judul halaman (ditulis dengan huruf kapital);
(b) Nama lengkap penulis;
(c) Nomor induk;
(d) Nama Bagian;
(e) Model Skripsi;
(f) Judul skripsi;
(g) Keterangan persetujuan;
(h) Tanggal, bulan, dan tahun persetujuan;
(i) Nama, NIP dan tanda tangan Pembimbing I dan Pembim-bing II.
4). Format Halaman Persetujuan Pembimbing, terlampir.
e. Halaman Persetujuan Menempuh Ujian Skripsi
1). Halaman persetujuan menempuh ujian diberi nomor halaman dengan angka romawi kecil di ujung kanan bawah dan simetris.
2). Halaman ini berisi keterangan bahwa skripsi yang bersangkutan telah memenuhi syarat untuk diajukan dalam ujian skripsi sebagai ujian akhir program studi;
3). Halaman ini memuat:
(a) Judul halaman (ditulis dengan huruf kapital);
(b) Nama lengkap penulis;
(c) Nomor induk;
(d) Nama Bagian;
(e) Model Skripsi;
(f) Judul skripsi;
(g) Keterangan persetujuan;
(h) Tanggal, bulan dan tahun persetujuan;
(i) Nama, NIP dan tanda tangan Pembantu Dekan I atas nama Dekan.
4). Halaman Persetujuan Menempuh Ujian Skripsi, sebagaimana terlampir.


f. Abstrak
1). Abstrak merupakan ikhtisar penelitian/skripsi yang jumlahnya tidak melebihi 200 (dua ratus) kata dan diketik dengan jarak satu spasi, serta mempunyai batas-batas yang sama seperti naskah;
2). Pada alinea pertama dimuat nama dan nomor induk mahasiswa/penulis tanpa gelar (semuanya ditulis dengan huruf kapital), judul skripsi ditulis dengan huruf miring (italics), dan dalam tanda kurung ditulis “dibimbing oleh” dan nama Pembimbing I dan II tanpa gelar;
3). Setiap skripsi harus mempunyai abstrak, tetapi tidak dimasukkan dalam daftar isi;
4). Abstrak harus singkat dan padat, memuat:
(a) Tujuan penelitian;
(b) Metode penelitian, misalnya teknik penarikan sampel, jumlah sampel/responden, lokasi penelitian, sumber data, metode pengumpulan data, dan analisis data;
(c) Hasil penelitian dan interpretasi;
5). Abstrak tidak boleh memuat kutipan;
6). Format abstrak tertera sebagaimana terlampir.
g. Ucapan Terima Kasih
1). Judul ucapan terima kasih ditulis dengan huruf kapital;
2). Pada halaman ini penulis dapat menggunakan ucapan terima kasih kepada:
a. Pembimbing;
b. Para Penguji
c. Pihak/instansi yang memberikan data penelitian
d. atau pihak lain yang dipandang perlu (opsional);
3). Penggunaan ucapan terima kasih mengharuskan penulis mencatumkan namanya di sebelah kanan bawah, 4 spasi di bawah baris terakhir;
4). Ucapan terima kasih sebanyak-banyaknya dua halaman, dan mencantumkan nomor halaman dengan angka romawi kecil di bawah ujung kanan dan simetris;
5). Format ucapan terima kasih tertera sebagaimana terlampir.
h. Daftar Isi
Daftar isi memuat semua bahan tulisan yang dimuat sesudah daftar isi, meliputi daftar tabel, daftar gambar dan judul dari bab dan sub-subnya. Selain itu daftar isi juga memuat daftar pustaka dan lampiran-lampiran. Lihat contoh format daftar isi sebagaimana terlampir.
Syarat pengetikan daftar isi sebagai berikut:
1). Kata “Daftar Isi” ditulis dengan huruf kapital tanpa diakhiri titik;
2). Di sebelah kanan bawah kata “daftar isi”, dicantumkan kata “halaman”;
3). Jarak baris antar-bab, antar-bagian dan anak bagian satu setengah spasi, sedangkan baris dalam anak-bab satu spasi;
4). Huruf pertama setiap kata di dalam judul sub-bab ditulis dengan huruf kapital kecuali kata penghubung;
5). Lampiran berupa tabel ditulis pada daftar tabel, sedangkan lampiran berupa gambar ditulis pada daftar gambar;
6). Semua kata dalam daftar isi harus sama penulisannya dalam naskah;
7). Akhir dari setiap bab dan sub-babnya dihubungkan oleh titik-titik dengan nomor halaman.
i. Daftar Tabel
Daftar tabel ditulis pada halaman baru, berisi nomor tabel (angka arab), judul tabel (teks) dan halaman di mana tabel dimuat. Judul tabel ditulis sama dengan cara penulisan di dalam naskah. Jarak dari DAFTAR TABEL ke tabel pertama adalah empat spasi. Dua spasi di bawah daftar tabel di batas kiri penulisan ditulis “Nomor” dan di bagian kanan ditulis “halaman”.
Akhir dari setiap judul tabel dihubungkan oleh titik-titik dengan nomor halaman di mana tabel tersebut diletakkan dalam naskah skripsi. Jarak baris antar-tabel yaitu dua spasi sedang jarak baris pada satu tabel ialah satu spasi. Baris kedua dan seterusnya, dimulai pada jarak 1,3 cm atau 0,5” dari marjin kiri sebagaimana dicontohkan, terlampir.
j. Daftar Gambar
Daftar gambar ditulis pada halaman baru, berisi nomor gambar dan halaman di mana gambar tersebut dimuat. Penulisan daftar gambar sama dengan cara menulis daftar tabel (lihat contoh format terlampir).
k. Daftar Arti Lambang dan Singkatan
Daftar arti lambang dan singkatan memuat lambang dan singkatan yang dipergunakan dalam skripsi. Bagian ini diperlukan jika dalam skripsi digunakan banyak lambang dan singkatan.
Daftar ini dibuat dalam 2 kolom. Kolom pertama berisi lambang dan singkatan sedangkan kolom kedua berisi arti atau penjelasan. Contoh format daftar arti lambang dan singkatan tercantum sebagaimana terlampir.

2. Bahasa
Skripsi ditulis dalam bahasa Indonesia baku. Istilah asing atau bahasa daerah yang belum ada padanannya dalam Bahasa Indonesia baku dapat digunakan, dengan catatan bahwa istilah tersebut harus dicetak dengan huruf miring (italics).
3. Sampul dan Kertas
Sampul skripsi menggunakan karton ukuran kuarto dan dilapisi kertas tebal berwarna sesuai dengan Bagian/Program Kekhususan yaitu;
a. Warna putih untuk Bagian Hukum Tatanegara (HTN);
b. Warna ungu untuk Bagian Hukum Administrasi Negara (HAN);
c. Warna biru untuk Bagian Hukum Internasional (HI);
d. Warna merah untuk Bagian Hukum Acara (HA);
e. Warna abu-abu untuk Bagian Hukum, Masyarakat dan Pembangunan (HMP);
f. Warna hijau untuk Bagian Dasar-dasar Ilmu Hukum (HD);
g. Warna hitam untuk Bagian Hukum Pidana (HPN);
h. Warna coklat untuk Bagian Hukum Keperdataan (HPT).
Naskah asli skripsi dan tindasannya diketik pada kertas kuarto ukuran A-4 S, 70 gram (putih) dan digandakan melalui fotokopi yang baik, jelas dan bersih.
4. Ketikan
Skripsi ditulis menggunakan komputer berhuruf (font) “Times New Roman, Arial, atau Calibri” dengan ukuran (size) 12 dengan karakter spasi “normal” (bukan expanded [renggang] dan/atau condensed [padat]) serta dicetak dengan tinta warna hitam. Tidak diperkenankan menggunakan huruf miring (italics) kecuali untuk istilah yang tidak umum atau penulisan bahasa asing dan bahasa daerah, sebagaimana diatur dalam Pedoman Umum Ejaan Bahasa Indonesia (PUEBI) yang disempurnakan.
Pengetikan pada halaman naskah antara setiap baris pada umumnya berjarak dua spasi, dengan ketentuan bahwa uraian pada bagian isi sekurang-kurangnya berjumlah 50 halaman (tidak termasuk bagian awal dan bagian akhir skripsi).
Naskah diketik dengan batas sembir yang diukur dari tepi (edge) kertas:
a. Tepi atas 4 cm atau 1,54”
b. Tepi bawah 3 cm atau 1,18”
c. Tepi kiri 4 cm atau 1,54”
d. Tepi kanan 3 cm atau 1,18”.
Pada halaman bab, baris pertama dimulai pada jarak tiga spasi di bawah judul bab. Awal suatu paragraf dan catatan kaki dimulai pada jarak 1,3 cm atau 0,5” dari marjin kiri, sedangkan kalimat diketik 1 (satu) ketukan setelah titik atau koma. Antara judul dengan alinea berjarak dua setengah spasi.
Judul tabel dan judul gambar diketik dengan jarak satu spasi, sedangkan jarak antara naskah sebelum dan sesudah tabel pada halaman yang sama yaitu dua spasi.
Semua tanda baca yaitu titik (.), koma (,), titik dua (:), titik koma (;), tanda tanya (?), tanda seru (!), kurung biasa (( )), kurung siku ([ ]), kurung kurawal ({ }), garis miring (/), dan lainnya diketik rapat (tanpa spasi) setelah akhir suatu kata/huruf. Setelah itu pada setiap awal kata sesudah tanda baca di atas diantarai satu ketukan.
Judul bab ditulis dengan huruf kapital (huruf balok) dengan jarak 2 spasi dan diletakkan di tengah halaman (centre), sedangkan pada setiap penulisan sub-bab diketik di pinggir kiri halaman. Jika judul sub bab lebih dari satu baris maka judul seperti ini ditulis dengan jarak 1 spasi.
5. Nomor Halaman
Untuk halaman-halaman pembukaan dipakai angka romawi kecil (i, ii, iii … dst.) yang dimulai dari halaman judul, dengan meletakkan angka romawi kecil dua spasi di bawah garis batas pengetikan dan diletakkan di ujung kanan bagian bawah atau kaki halaman.
Selanjutnya angka Arab (1, 2, 3 … dst.) dipergunakan pada halaman-halaman naskah, dimulai pada halaman pendahuluan sampai pada halaman penutup tanpa pemberian tanda kutip (“1”) atau tanda kurang (-1-). Nomor halaman diletakkan di ujung kanan bagian bawah atau kaki halaman.
Setiap bab dimulai dengan halaman baru, tetapi pada halaman bab tersebut tidak ditampilkan nomor halamannya.
6. Tabel dan Gambar
a. Setiap tabel harus dibuat pada halaman yang dipakai untuk naskah, ditempatkan seperti teks. Tabel diberi nomor dengan angka Arab;
b. Gambar juga harus dibuat pada halaman yang dipakai untuk naskah, ditempatkan seperti teks. Setiap gambar diberi nomor dengan angka Arab;
c. Penjelasan mengenai suatu tabel atau gambar yang bersangkutan, tidak diantarai oleh halaman lain;
d. Huruf pertama dari setiap kata dalam judul tabel atau gambar adalah huruf kapital, kecuali kata sambung atau kata petunjuk harus ditulis dengan huruf kecil;
e. Jarak antara baris dalam satu judul tabel adalah satu spasi. Baris di bawah tidak lebih panjang dari baris sebelumnya. Baris pertama pada bagian atas daftar tabel, ditulis pada jarak dua spasi di bawah judul tabel;
f. Foto dan/atau gambar dapat ditempelkan pada naskah asli maupun salinannya, selama ukurannya memenuhi persyaratan yakni di bagian dalam batas sembir dan diusahakan jangan sampai terlepas;
g. Setiap data atau tabel harus dicantumkan sumber dan tahun perolehannya.

7. Kutipan (Notes)
Kutipan adalah pinjaman kalimat atau pendapat. Kutipan dapat dilakukan dengan cara kutipan langsung panjang, kutipan langsung pendek dan kutipan tidak langsung.
Semua kutipan harus dijelaskan sumbernya. Penunjukan sumber kutip-an dapat dilakukan dengan cara catatan kaki (footnotes), in-notes, dan catat-an akhir (endnotes) dengan mempertahankan konsistensi penggunaannya.
Catatan kaki dimaksudkan sebagai keterangan-keterangan atas teks karangan yang ditempatkan pada kaki halaman karangan yang bersangkutan. Bilamana catatan atau keterangan semacam itu ditempatkan di akhir bab maka catatan atau keterangan itu disebut catatan akhir (endnotes).
Catatan kaki bukan semata-mata dimaksudkan untuk menunjuk sumber terdapatnya sebuah kutipan (referensi) tetapi dapat juga dipakai untuk memberi keterangan tambahan atau catatan penjelas.

7.1. Syarat Umum
a. Kutipan langsung panjang:
Kutipan langsung panjang adalah pinjaman pendapat dengan mengambil secara lengkap kata demi kata yang jumlahnya lebih dari empat baris. Kutipan seperti ini harus digarap sebagai berikut:
1) Kutipan itu dipisahkan dari teks dalam jarak 2,5 spasi;
2) Jarak antara baris dengan baris kutipan satu spasi;
3) Sesudah kutipan selesai diberi nomor urut penunjukan setengah spasi ke atas; atau
dalam kurung ditempatkan nama singkat pengarang, tahun terbit dan nomor halaman tempat terdapatnya kutipan itu (in-notes);
4) Seluruh kutipan itu dimasukkan sejauh 1,3 cm atau 0,5” dari marjin kiri; bila kutipan itu dimulai dengan alinea baru, maka baris pertama dari kutipan itu dimasukkan lagi sejauh 1,3 cm atau 0,5”.
b. Kutipan langsung pendek:
Kutipan langsung pendek adalah pinjaman pendapat dengan mengambil secara lengkap kata demi kata yang jumlahnya kurang dari empat baris. Kutipan seperti ini harus digarap sebagai berikut:
1) Kutipan itu diintegrasikan langsung dengan teks;
2) Jarak antara baris dengan baris kutipan dua spasi;
3) Kutipan itu diapit dengan tanda kutip;
4) Sesudah kutipan selesai diberi nomor urut penunjukan setengah spasi ke atas; atau
dalam kurung ditempatkan nama singkat pengarang, tahun terbit dan nomor halaman tempat terdapatnya kutipan itu (in-notes).
c. Kutipan tidak langsung:
Kutipan tidak langsung adalah pinjaman pendapat berupa intisari atau ikhtisar dari pendapat tersebut. Kutipan seperti ini harus digarap sebagai berikut:
1) Kutipan itu diintegrasikan langsung dengan teks;
2) Jarak antara baris dua spasi;
3) Kutipan tidak diapit dengan tanda kutip;
4) Sesudah kutipan selesai diberi nomor urut penunjukan setengah spasi ke atas; atau dalam kurung ditempatkan nama singkat pengarang, tahun terbit dan nomor halaman tempat terdapatnya kutipan itu (in-notes).

7.2. Contoh Catatan Kaki
a. Buku Indonesia
1) Nama penulis (tidak dibalik), tahun buku diterbitkan, judul buku, edisi terbitan, nama penerbit, tempat terbitan, dan halaman.
2) Jika penulis lebih dari 3 orang maka yang dicantumkan adalah penulis pertama kemudian dicantumkan dalam kurung (et.al) atau (dkk).
3) Judul buku dicetak miring (italic)
Contoh:
Achmad Ali, 2002, Menguak Tabir Hukum (Suatu Kajian Filosofis dan Sosiologis), PT. Toko Gunung Agung Tbk., Jakarta, hlm. 16.

b. Buku Asing
Bentuk Catatan kaki untuk data buku asing sama dengan bentuk catatan kaki pada buku Indonesia.
Contoh:
Lawrence M. Friedman, 1975, The Legal System (A Social Science Perspective), Russel Sage Foundation, New York, p.21.

c. Buku Terjemahan
Contoh:
John Rawls, 1995, A Theory of Justice, Diterjemahkan oleh Uzair Fauzan dan Heru Prasetyo, 2006, Pustaka Pelajar, Yogyakarta, hlm. 123.

d. Artikel Majalah Ilmiah
1) Nama kecil, nama keluarga penulis yang diikuti tanda koma. Penulis yang memiliki nama marga, maka nama marga ditulis lebih dahulu.
2) Judul artikel di antara tanda kutip, yang diikuti tanda koma sesudah tanda kutip tutup.
3) Nama majalah ilmiah yang digarisbawahi, penerbit artikel dan diikuti tanda koma.
4) Tanggal penerbit majalah ilmiah yang diikuti dengan tanda koma.
5) Halaman-halaman dari mana informasi dikutip.
Contoh:
H.M. Laica Marzuki, ”Mula Keberadaan Negara Republik Indonesia”, Jurnal Ilmu Hukum Amanna Gappa, Fakultas Hukum Unhas, Vol. 14, Nomor 1 Maret 2006, hlm. 1-10.
Sitorus, Winner, ”Judicial Control of Foreign Arbitral Awards under New York Convention”, Jurnal Ilmu Hukum Amanna Gappa, Fakultas Hukum Unhas, Juni 2005, hlm. 30-40.

e. Bahan Pustaka Tanpa Nama Penulis
1) Buku:
Anonim, 1980, Daftar Alamat Tempat Tinggal Pejabat Negara Republik Indonesia , Departemen Penerangan RI, Jakarta, hlm. 225
2) Majalah:
So just be, man be, ”Populi”, (Number 1, 1981). p. 6-13.
f. Editor Kumpulan Karangan
Contoh:
Kuntjaraningrat (ed), 1971, Manusia dan Kebudayaan di Indonesia, Jambatan, Jakarta, hlm. 3

g. Ensiklopedia dan Kamus
Contoh:
S. Adiwinata, 1971. Istilah Hukum (Latin - Indonesia), PT. Intermasa, Jakarta, hlm. 61.
h. Wawancara
Contoh:
Harifin A. Tumpa, Wawancara, Mahkamah Agung, Jakarta, 20 Januari 2009.
i. Surat
Contoh:
Moh. Mahfud M.D., Surat Keterangan, 14 Maret 2008.

j. Makalah
Contoh:
Oky Deviany Burhamzah, Makalah: ”Penegakan Hukum Hak Cipta Terhadap Peredaran VCD Bajakan”, Fakultas Hukum Universitas Hasanuddin, Makassar, 1 Maret, 2006, hlm.7.

k. Ceramah
Contoh:
M. Arsyad Sanusi, Ceramah: ”Hukum Acara Pada Mahkamah Konstitusi”, Fakultas Hukum Universitas Hasanuddin, Makassar, 10 Februari, 2009.

l. Beberapa Penulis
Contoh:
Darji Darmodiharjo dan Shidarta, 1995, Pokok-pokok Filsafat Hukum, PT. Gramedia, Jakarta, hlm.10.


m. Surat Kabar
Contoh:
1) Harian Kompas, 26 Desember 2008, hlm. 4
2) http://www.kompas.com/kompas-cetak/0607/25/OPINI/index,htm
3) Hamid Awaluddin, ”Ketika Paradigma Berubah”, Harian Kompas, 25 Juli 2006, hlm.4.

n. Tulisan yang Tidak Ditertibkan
Jotawan Sanre, 2009, ”Tinjauan Hukum Pelaksanaan Fungsi dan Wewenang Panitia Pengawas Pemilihan Umum Dalam Pemilihan Kepala Daerah Di Sulawesi Selatan”, Skripsi, Sarjana Hukum, Fakultas Hukum Universitas Hasanuddin, Makassar, hlm. 45.

8. Penghematan/Penyingkatan
Penulisan catatan kaki mengenal penghematan dengan menggunakan istilah Ibid, Op.cit., dan Loc.cit.
Ibid, merupakan singkatan dari ibidem, yang artinya di tempat yang sama. Pengutipan dengan menggunakan ibid apabila pustaka atau sumber yang baru saja dikutip (belum diselingi karangan atau sumber pustaka lain) akan dikutip lagi, maka cukup menggunakan ibid yang ditulis dengan huruf miring (italics).
Contoh:
1) John Rawls, 1995, A Theory of Justice, Diterjemahkan oleh Uzair Fauzan dan Heru Prasetyo, 2006, Pustaka Pelajar, Yogyakarta, hlm. 100.
2) Ibid, hal. 100.

Loc.cit, merupakan singkatan dari loco citato, yang artinya dikutip dari tempat/referensi yang sama dan halaman yang sama, namun telah disela atau diselingi oleh kutipan lain. Catatan kaki cukup disingkat Loc.cit., yang ditulis dengan huruf miring (italics).
Contoh:
1) Achmad Ali, 2002, Menguak Tabir Hukum (Suatu Kajian Filosofis dan Sosiologis), PT. Toko Gunung Agung Tbk., Jakarta, hlm. 16.
2) John Rawls, 1995, A Theory of Justice, Diterjemahkan oleh Uzair Fauzan dan Heru Prasetyo, 2006, Pustaka Pelajar, Yogyakarta, hlm. 123.
3) Achmad Ali, Loc.cit.

Op.cit,merupakan singkatan dari opere citato, artinya telah dikutip. Jika suatu pustaka atau sumber telah dikutip dalam catatan kaki dan telah diselingi oleh satu atau beberapa pustaka/sumber lain hendak dikutip lagi, maka penulisan catatan kakinya dapat disingkat dengan hanya menuliskan pengarangnya saja, diikuti op.cit. Op.cit ditulis dengan huruf kursif/miring atau digarisbawahi.
Contoh:
1. H.L.A. Hart, 1986, The Concept of Law, Clarendon Law Series, Oxford, hlm.22.
2. lbid., hlm.49.
3. Lon L.Fuller, 1971, The Morality of Law, Yale University Press, New Haven. hlm. 23.
4 H.L.A. Hart, Loc.cit.
5. H.L.A. Hart, op.cit., hlm. 100.
6. H.L.A. Hart, Loc.cit, hlm. 112.


Keterangan:
Catatan Kaki 2), ditulis lbid , halaman 49 artinya merujuk buku sebelumnya (tanpa sela atau diselingi pustaka lain) yaitu karangan H.L.A. Hart pada catatan kaki 1).
Catatan kaki 4), ditulis Loc.cit, artinya merujuk buku yang sama dan halaman yang sama dari catatan kaki sebelumnya, namun disela atau diselingi oleh pustaka lain yaitu buku catatan kaki 3) karangan Lon. L. Fuller.
Catatan kaki 5), ditulis H.L.A. Hart, Op.cit, halaman 100 artinya mengutip kembali buku yang sama karangan H.L.A. Hart, dengan merujuk halaman yang lain (dalam contoh di atas di rujuk halaman yang lain yaitu halaman 100. Catatan: buku H.L.A. Hart telah diselingi oleh buku karangan Lon L. Fuller.
Catatan kaki 6), diselingi penulis lain harus disebutkan nama penulisnya.

Jika dari penulis yang sama digunakan lebih dari satu buku dan pernah disebutkan sebelumnya, diselingi oleh pengarang yang sama dengan judul lain, maka cukup ditulis nama pengarang (kalau ada atau hanya nama keluarga), Op.cit dan halaman.
Contoh:
1. Oemar Seno Adji, 1973, Hukum (Acara) Pidana Dalam Prospeksi, Erlangga, Jakarta.
2. Oemar Seno Adji, 1975, Hukum Hakim Pidana, Erlangga, Jakarta.
3. Oemar Seno Adji , Op. cit, hlm.10
Catatan kaki 3), Merujuk pada catatan kaki 1.
9. Daftar Pustaka
Tata cara penulisan daftar pustaka adalah sebagai berikut:
a. Dalam daftar pustaka harus dicantumkan semua literatur yang ada dalam kutipan suatu skripsi;
b. Daftar pustaka minimal 15 (limabelas) judul berupa buku atau sumber lain kecuali dosen pembimbing menentukan lain.
c. Daftar pustaka harus mencatumkan:
1). Nama Pengarang;
2). Tahun penerbitan buku/karangan;
3). Judul buku/karangan;
4). Penerbit;
5). Kota Penerbit.
d. Daftar pustaka harus disusun secara alpabetis, yaitu dari A sampai Z;
e. Tidak termasuk isi daftar pustaka adalah peraturan perundang-undangan atau hal-hal yang sudah harus/dianggap diketahui umum. Hal seperti itu dapat dimasukkan sebagai lampiran;
f. Daftar pustaka ditulis dengan jarak satu spasi untuk tiap baris. Baris pertama dimulai dari marjin kiri, baris kedua dan seterusnya menjorok masuk 2 cm, sedangkan setiap karangan diantarai 2 spasi;
g. Semua jenis gelar akademik (seperti Prof., Dr., dr., Drs., Ir., S.H., M.H., LLM., Ph.D., dan lain-lain) tidak ditulis dalam daftar pustaka;
h. Judul buku/karangan ilmiah lainnya dicetak miring (italics);
i. Karangan ilmiah yang tidak ada atau tidak diketahui nama penulisnya, tetap dicantumkan dengan menggunakan istilah “anonim”;
j. Jika jumlah penulis buku/karangan ilmiah lainnya lebih dari dua orang, maka hanya nama penulis pertama yang ditulis dan ditambah dengan kata et.al. di belakang nama penulis pertama;

1. Persyaratan Umum
a. Daftar Pustaka ditulis pada marjin tengah dengan huruf kapital;
b. Daftar Pustaka disusun secara alfabetis, tanpa nomor urut;
c. Tiap pustaka ditulis satu spasi, sedang jarak antara pustaka satu dengan pustaka lain dua sapasi.
d. Pustaka yang penulisannya melebihi satu baris, maka pada baris kedua dan seterusnya menjorok ke dalam 15 ketukan/spasi.
2. Pustaka dengan satu pangarang
a. Nama keluarga/marga(,) nama depan/kecil tanpa gelar akademik diikuti tanda titik (.);
b. Tahun terbitan diikuti tanda titik (.);
c. Judul buku dicetak miring (italics) diikuti tanda koma.
d. Nama penerbit diikuti tanda titik dua (:), tempat penerbitan, lalu diakhiri tanda titik.
Contoh :
Rahardjo, Satjipto.1986. Ilmu Hukum. Alumni: Bandung.
Sumitro, Ronny Hanitijo. 1985. Metodologi Penelitian Hukum. PT. Ghalia Indonesia: Jakarta.
e. Kalau digunakan buku lain dari penulis yang sama, maka cukup diberi garis putus-putus (15 spasi) pada nama penulis.
Contoh :
Soekanto, Soerjono. 1981. Sosiologi Hukum. UI Press: Jakarta.
---------------. 1987. Mengenal Sosiologi Hukum. Alumni: Bandung.
f. Disusun secara alfabetis, tanpa nomor urut.
g. Peraturan perundang-undangan, surat-surat kabar, majalah dan seterusnya ditempatkan pada bagian tersendiri.
3. Buku dengan dua pengarang atau lebih.
Hanya nama penulis pertama yang dibalik (jika memiliki nama keluarga/marga), nama penulis kedua dan seterusnya tidak dibalik.
Contoh:
Soemitro, Ronny Hanitijo dan Satjipto Rahardjo. 1985. Pengantar Ilmu Hukum. Karunika: Jakarta.
Marlang, Abdullah, Irwansyah, dan Kaisaruddin Kamaruddin. 2009. Pengantar Hukum Indonesia. AS Center: Makassar.
4. Buku Terjemahan
Contoh :
Moertono (Penerjemah). 1965. Negara Modern, terjemahan dari Modern State. R.M. Mac Iver. Ichtiar: Jakarta.
5. Karangan dalam surat kabar, majalah atau bulletin
a. Nama penulis artikel dengan urutan seperti pada buku;
b. Judul artikel ditempatkan antara tanda kutip dan diikuti dengan tanda titik.;
c. Nama Surat Kabar, Majalah, atau Bulletin yang dicetak miring (italics) diikuti tanda koma;
d. Tanggal atau bulan penertbitan surat kabar, majalah, atau bulletin yang diikuti tanda koma;
e. Nomor halaman tempat artikel tersebut dimuat.
Contoh:
Budiardjo, Miriam. “Menuju Suatu DPR yang Bagaimana.“ Kompas, 12 November 2008. Hlm.4, kolom 5.
Putra Jaya, Nyoman Serikat. “Beberapa Permasalahan Dalam Sistem Pemidanaan Dalam Konsep KUHP Baru.“ Masalah-Masalah Hukum, Nomor 1 – 2008. Hlm.25-31.
6. Buku Asing
Contoh:
Friedman, Lawrence M. 1975. The Legal System (A Social Science Perspective). Russell Sage Foundation: New York.
Friedman, Wolfgang. 1953. Legal Theory. Stevens & Sons: London.

7. Disertasi
Wiwie Heryani. 2008. Hakikat Dan Kedudukan Hukum Dissenting Opinion Bagi Kemandirian Hakim Di Indonesia (Kajian Empiris Hukum). Disertasi. Program Pascasarjana. Universitas Hasanuddin. Makassar.
Farida Patittingi. 2008. Penguasaan Tanah Pulau-Pulau Kecil (Eksistensi dan Prospek Pengaturannya Di Indonesia). Disertasi. Program Pascasarjana. Universitas Hasanuddin. Makassar.
Oky Deviany Burhamzah. 2009. Lisensi Hak Kekayaan Intelektual Dalam Perspektif Hukum Persaingan Usaha. Disertasi. Program Pascasarjana. Fakultas Hukum Universitas Hasanuddin. Makassar.
8. Laporan Penelitian
Marwati Riza. 1998. Peranan Serikat Pekerja. Laporan Penelitian. Lembaga Penelitian. Universitas Hasanuddin. Makassar.
9. Makalah
Sri Susyanti Nur. 2008. Prospek Bank Tanah Di Indonesia. Makalah. Seminar Bagian Hukum Perdata. Fakultas Hukum Universitas Hasanuddin. Makassar.
10. Brosur/Pamflet
Universitas Hasanuddin. 2008. Panduan Penerimaan Mahasiswa Baru Universitas Hasanuddin. Makassar.
11. Buku Tahunan
Departemen Pertambangan RI. 2009. Pertambangan Indonesia 2009. Jakarta.
12. Berita pada Surat Kabar
- Antara, Berita Buana (28 Oktober 1983) hlm.1, kolom 1, 2, 3, 4.
- Berita Buana, Tajuk Rencana (28 Desember 1983) hlm.2, kolom 1, 2.
13. Karangan Dalam Encyclopaedia
Snell, Jhon L., 1969. “World War II”, di dalam Encyclopaedia Americana, Vol. 29, hlm. 364-520. Americana Corp: New York.

10. Lampiran
Hal-hal yang perlu dimuat dalam lampiran adalah sebagai berikut:
a. Peraturan perundang-undangan;
b. Perjanjian internasional;
c. Yurisprudensi;
d. Akte otentik lainnya;
e. Bukti/keterangan penelitian.



BAB V
PELAKSANAAN UJIAN TUGAS AKHIR
(SKRIPSI)


A. Waktu dan Persyaratan
1. Pelaksanaan ujian skripsi ditetapkan dalam surat penugasan panitia ujian yang diterbitkan oleh Pimpinan Fakultas atas pertimbangan Ketua/ Sekretaris Bagian yang bersangkutan;
2. Waktu ujian skripsi diusulkan oleh Ketua/Sekretaris Bagian yang bersangkutan setelah memperoleh konfirmasi mengenai kesediaan pembimbing untuk menghadiri ujian skripsi mahasiswa yang telah dibimbingnya. Contoh format usulan jadwal ujian terlampir;
3. Mahasiswa yang dapat menempuh ujian skripsi ialah mereka yang telah menghadiri sekurang-kurangnya 5 kali ujian skripsi mahasiswa sebelumnya yang dibuktikan dengan kartu presensi ujian;
4. Kartu presensi mahasiswa yang menghadiri ujian skripsi ditandatangani oleh Ketua/Sekretaris Panitia Ujian Skripsi. Contoh format kartu presensi ujian sebagaimana terlampir);
5. Untuk memudahkan para pembimbing dan penguji mempersiapkan diri, maka undangan ujian disertai naskah skripsi mahasiswa yang bersangkutan, sudah harus diterima oleh seluruh anggota panitia ujian skripsi selambat-lambatnya 3 hari sebelum pelaksanaan ujian. Undangan dapat menyusul setelah skripsi mahasiswa yang bersangkutan telah diterima oleh Tim Penguji. Contoh format tanda terima undangan ujian dan skripsi tercantum sebagaimana terlampir.
B. Panitia Ujian
Perhatian utama dalam ujian skripsi diarahkan pada hasil penelitian yang tertuang dalam skripsi mahasiswa yang bersangkutan. Namun demikian karena ujian skripsi adalah ujian akhir program studi untuk menilai kemampuan mahasiswa yang bersangkutan dalam menguasai kebulatan studi yang telah ditempuhnya, maka pelaksanaannya dilakukan secara komprehensif dengan ketentuan sebagai berikut:
1. Ujian skripsi dilakukan secara “majelis murni”, dipimpin oleh seorang ketua merangkap penguji dengan jabatan fungsional sekurang-kurangnya Lektor Kepala, dibantu oleh seorang sekretaris yang bertugas menyiapkan dan menangani administrasi penyelenggaraan ujian;
2. Sekretaris Panitia Ujian yang belum menduduki jabatan fungsional Lektor, tidak diperkenankan bertindak sebagai penguji, kecuali atas izin Ketua Panitia Ujian dan tidak diizinkan untuk memberikan nilai;
3. Jumlah penguji 3 (tiga) orang, dan minimal 2 (dua) orang di luar pembimbing dengan jabatan fungsional sekurang-kurangnya Lektor;
4. Panitia ujian skripsi ditetapkan dengan surat tugas Dekan/PD1 berdasarkan usul Ketua/Sekretaris Bagian dengan mempertimbangkan:
a. Partisipasi/kehadiran dosen yang bersangkutan pada seminar usulan penelitian mahasiswa yang akan diuji;
b. Memiliki kaitan erat antara materi ujian tersebut dengan kompetensi keilmuan penguji;
c. Keseimbangan jumlah mahasiswa yang diuji oleh penguji yang bersangkutan pada semester yang sedang berjalan;
d. Penilaian bahwa penguji yang bersangkutan dapat melaksanakan tanggung jawab mewakili fakultas dalam menilai secara objektif kemampuan mahasiswa yang bersangkutan;
5. Panitia ujian skripsi ditetapkan dengan surat tugas Dekan/PD1 yang diterbitkan selambat-lambatnya 3 hari sebelum pelaksanaan ujian (format surat tugas, terlampir).
C. Tata Laksana
1. Ujian skripsi dilaksanakan secara terjadwal: tiga kali sepekan yaitu setiap hari Selasa, Kamis dan hari Jumat. Setiap skripsi diujikan untuk waktu paling lama 90 menit terhitung sejak ketua panitia ujian membuka ujian;
2. Panitia ujian skripsi dalam melaksanakan tugasnya wajib berpakaian rapi;
3. Mahasiswa (teruji) harus berpakaian rapi, berdasi, dan memakai jas almamater;
4. Ujian skripsi harus dilaksanakan dengan kehadiran pembimbing serta mempertimbangkan terpenuhinya syarat minimal jumlah penguji sebagaimana ditentukan dalam peraturan akademik;
5. Panitia ujian skripsi yang berhalangan hadir, wajib menyampaikan kepada Ketua/Sekretaris Bagian yang mengusulkannya dengan memperhitungkan waktu yang cukup untuk menetapkan penguji pengganti;
6. Setelah ketua dengan bantuan sekretaris panitia ujian skripsi memeriksa kelengkapan administratif dan menanyakan kesiapan teruji maka ketua membuka dengan resmi ujian skripsi dan menyatakan terbuka untuk umum. Selanjutnya ketua memberi kesempatan kepada teruji untuk menguraikan garis-garis besar skripsi yang disusunnya dalam waktu paling lama 15 (lima belas) menit;
7. Dalam memberikan uraian tersebut pada butir 6 dan jawaban/tang-gapan atas pertanyaan/komentar, koreksi dan saran yang diajukan oleh panitia ujian, teruji dapat menggunakan over head projector (OHP), infocus, banner, dan lain-lain yang disiapkan oleh fakultas;
8. Kesempatan bertanya-jawab, mengajukan koreksi dan saran diberikan oleh ketua kepada setiap penguji selama jangka waktu maksimum 10 menit;
9. Pembimbing berhak mendapatkan kesempatan untuk memberikan penjelasan singkat guna menjernihkan perbedaan pendapat di antara penguji dengan teruji jika hal tersebut dianggap perlu oleh ketua;
10. Setelah semua anggota penguji memperoleh kesempatan mengajukan tanya jawab, koreksi dan saran, maka ujian skripsi diskors paling lama 30 menit untuk digunakan oleh panitia berkonsultasi menentukan nilai skripsi dan yudisium teruji;
11. Pada saat skorsing ujian, teruji beserta pendengar dipersilakan meninggalkan ruang ujian skripsi;
12. Setelah konsultasi penilaian ujian selesai, ketua panitia ujian skripsi membuka kembali ujian dengan mempersilakan teruji dan pendengar memasuki ruang ujian untuk mendengarkan keputusan/hasil ujian skripsi.
D. Penilaian
1. Nilai skripsi untuk dinyatakan lulus sekurang-kurangnya C;
2. Dasar penilaian skripsi adalah kemampuan akademik, penguasaan materi skripsi secara keseluruhan, teknik penulisan, dan penampilan (performance) dalam mempertahankan skripsi;
3. Setiap penguji memberikan nilai dalam bentuk angka ke dalam formulir yang telah disiapkan dan menyerahkan nilainya kepada ketua penguji. Contoh format nilai, terlampir;
4. Nilai yang dihimpun dari penguji kemudian dikonversi oleh Sekretaris Panitia Ujian ke nilai huruf sesuai kategorinya yaitu salah satu dari nilai A, A-, B+, B, B-, C+, C. Contoh terlampir;
5. Hasil penilaian ujian skripsi dibuat dalam berita acara ujian yang memuat putusan:
a. Skripsi diterima seutuhnya, teruji dinyatakan lulus, dan pengumuman yudisium (lihat format, terlampir); atau
b. Skripsi diterima dengan syarat perbaikan, teruji dinyatakan lulus dan diyudisium dengan catatan bahwa ijazah tidak diberikan kepada yang bersangkutan, sebelum skripsi diperbaiki;
c. Teruji dinyatakan tidak lulus dan diberi kesempatan menempuh ujian ulang setelah memperbaiki skripsinya dalam waktu yang tidak lebih dari 3 bulan terhitung sejak tanggal pelaksanaan ujian (formulir berita acara, terlampir).
Bilamana ujian tidak dilaksanakan dalam kurun waktu tersebut, maka skripsi mahasiswa yang bersangkutan dinyatakan tidak layak, sehingga harus mengajukan judul skripsi yang lain;
6. Dalam hal skripsi diterima dengan syarat perbaikan, maka teruji wajib berkonsultasi dengan penguji yang menyarankan perbaikan sampai terbitnya keterangan perbaikan yang disetujui oleh penguji yang ber-sangkutan. Contoh format perbaikan skripsi terlampir;
E. Predikat Kelulusan (Yudisium)
1. Pengumuman yudisium bagi yang dinyatakan lulus ujian skripsi dilakukan oleh ketua panitia ujian skripsi setelah mempertimbangkan IPK teruji selama yang bersangkutan menjadi mahasiswa;
2. Penilaian Penulisan tugas akhir (skripsi) dinyatakan dengan huruf dengan nilai bobot, sesuai dengan Pasal 33 ayat (4) dan Pasal 41 ayat (1) Peraturan Akademik Universitas Hasanuddin tahun 2009.
3. Yudisium ditentukan berdasarkan IPK sebagai berikut:
a. IPK 2,00 – 2,75: Memuaskan;
b. IPK 2,76 – 3,50: Sangat Memuaskan (jika nilai ujian akhir
[skripsi] sekurang-kurangnya B);
c. IPK 3,51 – 4,00: cum laude (jika lama studi minimum ditam-
bah 1 tahun, nilai ujian akhir [skripsi] A
serta tanpa nilai C dan/atau D).
4. Skripsi yang telah diperbaiki dan telah ditandatangani pembimbing I dan II, serta telah dijilid rapi (hardcover) sejumlah 7 eksemplar dan dicopy ke dalam disket/CD diserahkan ke Sub Bagian Akademik sebagai arsip.

ooo000ooo™

Skema Pelaksanaan Ujian Tugas Akhir (Skripsi):






KETERANGAN FORM:

1. Form A : Surat Keterangan Penetapan Bagian
2. Form B : Formulir Rencana Judul skripsi
3. Form C : Pengusulan Pembimbing dan Penilai / Penguji
4. Form D : Surat Keputusan Pengangkatan Dosen Pembimbing Skripsi
5. Form E : Pelaksanaan Seminar Usulan Penelitian
6. Form F : Surat Penugasan Panitia Seminar Usulan Penelitian
7. Form G : Undangan Seminar Usulan Penelitian
8. Form H3-1 : Daftar Hadir Seminar Usulan Skripsi
9. Form H3-2 : Catatan Dosen / Peserta Seminar
10. Form H3-3 : Berita Acara Seminar Usulan Penelitian
11. Form I 2-1 : Usul Penggantian Dosen Penguji Usulan Penelitian
12. Form I 2-2 : Usul Penggantian Dosen Pembimbing Usulan Penelitian
13. Form J : Tanda Terima Naskah Skripsi
14. Form K : Pelaksanaan Ujian skripsi
15. Form L : Surat Penugasan Panitia Ujian Skripsi
16. Form M : Undangan Ujian Skripsi
17. Form M 1 : Undangan Ujian Skripsi (Ulang)
18. Form N2-1 : Usul Penggantian Dosen Penguji Skripsi
19. Form N2-2 : Usul Penggantian Dosen Pembimbing Skripsi
20. Form P7-1 : Daftar Hadir Panitia Ujian Skripsi
21. Form P7-2 : Daftar Hadir Ujian skripsi
22. Form P7-3 : Hasil Ujian Skripsi
23. Form P7-4 : Catatan Dosen Ujian Skripsi
24. Form P7-5 : Hasil Ujian Skripsi
25. Form P7-6 : Catatan Hasil Ujian skripsi / Sarjana
26. Form P7-7 : Berita Acara Ujian Skripsi
27. Form Q : Tanda Bukti Penyerahan Skripsi
28. Form SP : Persetujuan Pembimbing Seminar Usulan Penelitian
29. Form S1 : Persetujuan Pembimbing Skripsi
30. Form S2 : Persetujuan Menempuh Ujian Skripsi
31. Form S3 : Perbaikan Skripsi










DEPARTEMEN PENDIDIKAN NASIONAL
UNIVERSITAS HASANUDDIN
FAKULTAS HUKUM
KAMPUS UNHAS TAMALANREA, JALAN PERINTIS KEMERDEKAAN, KM.10
MAKASSAR 90245, TELEPON/FAKSIMILI: 0411-587219, E-MAIL: hukum@unhas.ac.id



SURAT KETERANGAN

Mahasiswa Fakultas Hukum, di bawah ini :

N a m a : ....................................................
No. Pokok : B111 ...............
Jumlah SKS : ......... SKS

Berdasarkan matakuliah bagian yang telah dilulusi, maka bersangkutan mengambil/menentukan pilihan pada :
B a g i a n : ....................................................

Demikian surat ketarangan ini dibuat untuk dipergunakan sebagaimna mestinya.

Makassar, .............................. 20....
Kasubag Pendidikan,



Dra. Saharibulan
NIP. 196012041992032001
Catatan :
Daftar Nilai terlampir
.



FORMULIR RENCANA JUDUL SKRIPSI
MAHASISWA FAKULTAS HUKUM UNHAS

SKRIPSI LEGAL CASE STUDY
MOMERANDUM


N a m a : ....................................................................................................
Nomor Induk : B111 .........
B a g i a n : ...............................................................
J u d u l : ....................................................................................................
....................................................................................................
....................................................................................................
....................................................................................................

Masalah / Issu / Kajian

1. ..............................................................................................................................................................................................................................................................................................
...............................................................................................................................................
2. ..............................................................................................................................................................................................................................................................................................
...............................................................................................................................................


Mengetahui : Makassar, ...........................20...
Pembantu Dekan I, Mahasiswa,





Prof. Dr. Muh. Guntur, S.H., M.H. ......................................................
NIP. 196501081990021001
.


DEPARTEMEN PENDIDIKAN NASIONAL
UNIVERSITAS HASANUDDIN
FAKULTAS HUKUM
KAMPUS UNHAS TAMALANREA, JALAN PERINTIS KEMERDEKAAN, KM.10
MAKASSAR 90245, TELEPON/FAKSIMILI: 0411-587219, E-MAIL: hukum@unhas.ac.id


Makassar, ............................
Kepada
Yth. : Dekan Fakultas Hukum Unhas
Up. Pembantu Dekan I.
Di-
Makassar

H a l : Pengusulan Pembimbing dan Penilai/Penguji

Dengan hormat,
Sehubungan dengan diterimanya Judul Skripsi dari mahasiswa:

Nama :
Nomor Pokok :
Bagian :
Judul : ...............................................................................................................
............................................................................................................... ...............................................................................................................
Dengan ini kami usulkan untuk menjadi Pembimbing dan Penilai/Penguji Usulan Penelitian dan Skripsi dari mahasiswa yang bersangkutan masing-masing:

Nama Status Tanda Tangan
1. ....................................................... NIP. Pembimbing I 1. ...........................
2. ....................................................... NIP. Pembimbing II 2. ...........................
3. ....................................................... NIP. Penilai/Penguji I 3. ...........................
4. ....................................................... NIP. Penilai/Penguji II 4. ...........................
5. ....................................................... NIP. Penilai/Penguji III 5. ...........................

Ketua/Sekretaris
Bagian Hukum ...............




......................................................
NIP.


DEPARTEMEN PENDIDIKAN NASIONAL
UNIVERSITAS HASANUDDIN
FAKULTAS HUKUM
KAMPUS UNHAS TAMALANREA, JALAN PERINTIS KEMERDEKAAN, KM.10
MAKASSAR 90245, TELEPON/FAKSIMILI: 0411-587219, E-MAIL: hukum@unhas.ac.id


KEPUTUSAN
DEKAN FAKULTAS HUKUM UNIVERSITAS HASANUDDIN
Nomor : ............ /H4.7.1/KP.23/2008

Tentang
PENGANGKATAN DOSEN PEMBIMBING SKRIPSI

DEKAN FAKULTAS HUKUM UNIVERSITAS HASANUDDIN
Membaca : 1. Surat Ketua Bagian .............................................Tgl. ........................... tentang usulan Pembimbing Skripsi mahasiswa atas nama: .......................................................... dan Nomor Pokok .......................
2. Bahwa dosen yang tersebut namanya dibawah ini dipandang memenuhi syarat untuk diangkat sebagai pembimbing skripsi.
3. Bahwa berhubung point 1 dan 2 tersebut dipandang perlu menerbitkan surat keputusan.
Mengingat : 1. Undang-Undang No. 20 Tahun 2003.
2. Peraturan Pemerintah
a. Nomor 23 Tahun 1956
b. Nomor 60 Tahun 1999
3. Keputusan Mendikbud Nomor : 0206/0/95 Tgl. 18 Juli 1995.
4. Keputusan Mendiknas Nomor : 192/0/2003 Tgl. 16 Desember 2003.
5. Keputusan Rektor Unhas Nomor : 1067/J04/2003 Tgl. 28 Juli 2003
6. Keputusan Dekan Fakultas Hukum Nomor : 7905/J04.7/88.30/2009.

MEMUTUSKAN
Menetapkan :
Pertama : Mengangkat :
1. Sdr. …..................….…..................................…. NIP….........…..…. sebagai Pembimbing I
2. Sdr. …..................….…...................................…. NIP….........…..…. sebagai Pembimbing II
Dalam penyusunan skripsi mahasiswa .......................................................
Nomor Pokok ..................
Kedua : Biaya yang timbul berkaitan dengan kegiatan tersebut dibebankan pada anggaran DIPA Fakultas Hukum tahun 2008.
Ketiga Keputusan ini berlaku mulai tanggal ditetapkan dengan ketentuan apabila di kemudian hari terdapat kekeliruan, maka akan diperbaiki sebagaimana mestinya.
Ditetapkan di : Makassar
Pada tanggal : ...........................
A.n Dekan
Pembantu Dekan I,


Prof. Dr. Muh. Guntur, S.H., M.H.
NIP. 196501081990021001

DEPARTEMEN PENDIDIKAN NASIONAL
UNIVERSITAS HASANUDDIN
FAKULTAS HUKUM
KAMPUS UNHAS TAMALANREA JALAN PERINTIS KEMERDEKAAN KM.10
MAKASSAR 90245, TELEPON/FAKSMILI: 0411-587219, E-MAIL: hukum@unhas.ac.id


Kepada
Yth : Dekan Fakultas Hukum Unhas
Up. Pembantu Dekan I
Di –
Makassar

Hal : Pelaksanaan Seminar Usulan Penelitian

Dengan hormat,
Sehubungan dengan telah rampungnya naskah usulan penelitian untuk menyusun skripsi dari mahasiswa :
N a m a : ..............................................
No. Pokok : ..............................................
Bagian : ..............................................
Judul : ..............................................................................................
..............................................................................................
..............................................................................................

Dengan ini kami usulkan pelaksanaan seminar usulan penelitian pada :
Hari/tanggal*) : ..............................................
Waktu : Pk................
Bertempat di Ruang : .......................... Fakultas Hukum Unhas


No Nama Status Stuju ujian Tgl Tanda Tangan
1. .......................................................... Ketua 1.........................
2. .......................................................... Sekretaris 2.........................
3. .......................................................... Anggota 3.........................
4. .......................................................... Anggota 4.........................
5. .......................................................... Anggota 5.........................

Ketua / Sekretaris
Bagian Hukum.............................


....................................................
NIP:

DEPARTEMEN PENDIDIKAN NASIONAL
UNIVERSITAS HASANUDDIN
FAKULTAS HUKUM
KAMPUS UNHAS TAMALANREA, JALAN PERINTIS KEMERDEKAAN, KM.10
MAKASSAR 90245, TELEPON/FAKSIMILI: 0411-587219, E-MAIL: hukum@unhas.ac.id


SURAT PENUGASAN
Nomor: ……/H4.7.1/KP.23/2008

Dekan Fakultas Hukum Unhas menugaskan dosen tersebut di bawah ini sebagai Panitia Seminar Usulan Penelitian untuk penyusunan skripsi mahasiswa :

Nama : .....................................................
No. Induk : B111 ..............
Bagian : .....................................................
Judul : .......................................................................................................................................... ..........................................................................................................................................
..........................................................................................................................................

Dengan komposisi panitia seminar usulan penelitian sebagai berikut :

Ketua : ............................................................... (Pembimbing I)
Sekretaris : ............................................................... (Pembimbing II)
Anggota : 1. .........................................................
2. .........................................................
3. .........................................................

Panitia tersebut bertugas memberikan masukan bagi mahasiswa yang bersangkutan sesuai dengan Keputusan Dekan Fakultas Hukum Unhas No.7905/J04.7/PP.30/2009 Tgl. 28 Desember 2009 tentang Pedoman Penyusunan Skripsi dan Pelaksanaan Ujian Sarjana di lingkungan Fakultas Hukum Unhas.


Dikeluarkan di : Makassar
Pada tanggal : …………………..

A.n. D e k a n,
Pembantu Dekan I,



Prof. Dr. Muh. Guntur, S.H., M.H.
NIP. 196501081990021001
Tembusan:
1. Yth. Dekan Fakultas Hukum Unhas;
2. Yth. Ketua/Sekretaris Bagian Hukum ……………..
3. Yth. Kepala Bagian Tata Usaha Fakultas Hukum Unhas;
4. Yth. Mahasiswa ybs.
5. Arsip
DEPARTEMEN PENDIDIKAN NASIONAL
UNIVERSITAS HASANUDDIN
FAKULTAS HUKUM
KAMPUS UNHAS TAMALANREA, JALAN PERINTIS KEMERDEKAAN, KM.10
MAKASSAR 90245, TELEPON/FAKSIMILI: 0411-587219, E-MAIL: hukum@unhas.ac.id


Nomor : ........./H4.7.1/TU.15/20.... Makassar, ...................... 20......
Lampiran : ---
H a l : UNDANGAN SEMINAR USULAN PENELITIAN
Bagian :


Kepada
Yth. : 1. ..................................................... (Ketua)
2. ..................................................... (Sekretaris)
3. ..................................................... (Anggota)
4. ..................................................... (Anggota)
5. ..................................................... (Anggota)
di-
Makassar


Dengan hormat kami mengundang Saudara untuk menghadiri seminar usulan penelitian untuk penyusunan skripsi bagi mahasiswa a.n: .............................................No.Pokok:. ...................... yang akan dilaksanakan pada:

Hari / Tanggal : ..........................
Pukul : Pk...................... WITA
Bertempat di : .............................. Fakultas Hukum Unhas
Judul Seminar : ...........................................................................................................
...........................................................................................................
...........................................................................................................
Pembimbing : 1. ..................................................
2. ..................................................
Atas perhatian dan kehadiran Saudara dihaturkan terima kasih.

A.n. Dekan
Pembantu Dekan I,




Prof. Dr. Muh Guntur, S.H., M.H.
NIP. 196501081990021001
Tembusan:
1. Yth Ketua/Sekretaris Bagian Hukum ………….
2. Yth Kepala Bagian Tata Usaha Fakultas Hukum Unhas;
3. Arsip



DEPARTEMEN PENDIDIKAN NASIONAL
UNIVERSITAS HASANUDDIN
FAKULTAS HUKUM
KAMPUS UNHAS TAMALANREA, JALAN PERINTIS KEMERDEKAAN, KM.10
MAKASSAR 90245, TELEPON/FAKSIMILI: 0411-587219, E-MAIL: hukum@unhas.ac.id


DAFTAR HADIR SEMINAR USULAN SKRIPSI


Nama / No. Pokok :
Bagian :
Hari, Tanggal Seminar :
Ruangan : .............................. Fakultas Hukum
No Nama Nip/Nim Tanda Tangan
1. 1. ..................
2. 2. ..................
3. 3. ..................
4. 4. ..................
5. 5. ..................
6. 6. ..................
7. 7. ..................
8. 8. ..................
9. 9. ..................
10. 10. ..................
11. 11. ..................
12. 12. ..................
13. 13. ..................
14. 14. ..................
15. 15. ..................
16. 16. ..................
17. 17. ..................
18. 18. ..................
19. 19. ..................
20. 20. ..................
21. 21. ..................
22. 22. ..................
23. 23. ..................
24. 24. ..................
DEPARTEMEN PENDIDIKAN NASIONAL
UNIVERSITAS HASANUDDIN
FAKULTAS HUKUM
KAMPUS UNHAS TAMALANREA, JALAN PERINTIS KEMERDEKAAN, KM.10
MAKASSAR 90245, TELEPON/FAKSIMILI: 0411-587219, E-MAIL: hukum@unhas.ac.id


CATATAN DOSEN / PESERTA SEMINAR

Judul Skripsi : ................................................................................................................
................................................................................................................
Nama / No. Pokok :
Bagian :
Hari, Tanggal Seminar :


..................................................................................................................................................................... .................................................................................................................................................................... ..................................................................................................................................................................... ..................................................................................................................................................................... ..................................................................................................................................................................... ..................................................................................................................................................................... ..................................................................................................................................................................... ..................................................................................................................................................................... ..................................................................................................................................................................... ..................................................................................................................................................................... ..................................................................................................................................................................... ..................................................................................................................................................................... ..................................................................................................................................................................... ..................................................................................................................................................................... ..................................................................................................................................................................... ..................................................................................................................................................................... ..................................................................................................................................................................... ..................................................................................................................................................................... ..................................................................................................................................................................... ..................................................................................................................................................................... ..................................................................................................................................................................... .....................................................................................................................................................................
.....................................................................................................................................................................

DEPARTEMEN PENDIDIKAN NASIONAL
UNIVERSITAS HASANUDDIN
FAKULTAS HUKUM
KAMPUS UNHAS TAMALANREA, JALAN PERINTIS KEMERDEKAAN, KM.10
MAKASSAR 90245, TELEPON/FAKSIMILI: 0411-587219, E-MAIL: hukum@unhas.ac.id


BERITA ACARA SEMINAR USULAN PENELITIAN

Pada hari ini ................................, tanggal ......................................, telah dilaksanakan seminar usulan penelitian dalam rangka penyusunan skripsi mahasiswa

Nama / Nomor Induk : ..................................................................................................................
Bagian : .................................................................................................................
Judul Skripsi : .................................................................................................................
.................................................................................................................
.................................................................................................................

HASIL / KEPUTUSAN

1. Usulan Penelitian diterima disertai catatan perlu perbaikan dengan mempertimbangkan masukan dosen dan mahasiswa/peserta seminar seperti tertera pada notulen terlampir;
2. Kepada mahasiswa tersebut diwajibkan melaksanakan penelitian dan menyusun skripsi yang bersangkutan dengan arahan dosen pembimbing yang telah ditugaskan.

PANITIA SEMINAR

Nama Tugas Tanda tangan

1.............................................

2..............................................

3. ............................................

4. ............................................

5. ............................................

Ketua

Wakil Ketua

Anggota

Anggota

Anggota
1...................

2.....................

3..................

4.....................

5...................

Ketua Tim,



...............................................
NIP:

DEPARTEMEN PENDIDIKAN NASIONAL
UNIVERSITAS HASANUDDIN
FAKULTAS HUKUM
KAMPUS UNHAS TAMALANREA, JALAN PERINTIS KEMERDEKAAN, KM.10
MAKASSAR 90245, TELEPON/FAKSIMILI: 0411-587219, E-MAIL: hukum@unhas.ac.id


USUL PENGGANTIAN
DOSEN PENGUJI PROPOSAL

Sehubungan dengan pelaksanaan ujian proposal atas nama mahasiswa :

N a m a : ……………………………
No. Pokok : B 111 ……….....

Akan tetapi, dosen penguji berhalangan/tidak hadir padahal yang bersangkutan telah menyetujui dan menandatangani kesedian menguji pada hari dan tanggal yang telah disepakati bersama, maka demi kelancaran pelaksanaan ujian tersebut, kami mengusulkan dilakukan penggantian dosen penguji sebagai berikut :

No Dosen yang tidak hadir No Dosen Pengganti
1. 1.
2. 2.


Demikian usulan ini, atas perhatian dan kerjasamanya dihaturkan terima kasih.
Makassar, …………………. 2008
Bagian …………..
Ketua/Sekretaris



Mengetahui :
Pembantu Dekan I,

Prof. Dr. Muh. Guntur, S.H., M.H.
NIP. 196501081990021001
.

DEPARTEMEN PENDIDIKAN NASIONAL
UNIVERSITAS HASANUDDIN
FAKULTAS HUKUM
KAMPUS UNHAS TAMALANREA, JALAN PERINTIS KEMERDEKAAN, KM.10
MAKASSAR 90245, TELEPON/FAKSIMILI: 0411-587219, E-MAIL: hukum@unhas.ac.id


USUL PENGGANTIAN
DOSEN PEMBIMBING PROPOSAL

Sehubungan dengan pelaksanaan ujian proposal mahasiswa atas nama :

N a m a :
No. Pokok : B111 .............
Akan tetapi, dosen pembimbing berhalangan/tidak hadir padahal yang bersangkutan telah menyetujui dan menandatangani kesedian membimbing pada hari dan tanggal yang telah disepakati bersama, maka demi kelancaran pelaksanaan ujian tersebut, kami mengusulkan dilakukan penggantian dosen pembimbing sebagai berikut :

No Dosen Pembimbing No Dosen Pembimbing Pengganti
1. 1.
2. 2.


Demikian usulan ini, atas perhatian dan kerjasamanya dihaturkan terima kasih.
Makassar, …………………. 20......
Bagian Hukum ……………
Ketua/Sekretaris

_____________________
NIP.
Mengetahui :
Pembantu Dekan I,

Prof. Dr. Muh. Guntur, S.H., M.H.
NIP. 196501081990021001

DEPARTEMEN PENDIDIKAN NASIONAL
UNIVERSITAS HASANUDDIN
FAKULTAS HUKUM
KAMPUS UNHAS TAMALANREA, JALAN PERINTIS KEMERDEKAAN, KM.10
MAKASSAR 90245, TELEPON/FAKSIMILI: 0411-587219, E-MAIL: hukum@unhas.ac.id


TANDA TERIMA NASKAH SKRIPSI

Nama Mahasiswa : ........................................................................................................
Nomor Induk : ........................................................................................................
Bagian / Prog. Kekhususan : ........................................................................................................
Judul Skripsi : ........................................................................................................
........................................................................................................
........................................................................................................
........................................................................................................

Makassar: ………….........
Mahasiswa Ybs.,




No. Nama Pembimbing / Penguji Diterima pada Paraf
Hari Tanggal
1.
2.
3.
4.
5.

DEPARTEMEN PENDIDIKAN NASIONAL
UNIVERSITAS HASANUDDIN
FAKULTAS HUKUM
KAMPUS UNHAS TAMALANREA, JALAN PERINTIS KEMERDEKAAN, KM.10
MAKASSAR 90245, TELEPON/FAKSIMILI: 0411-587219, E-MAIL: hukum@unhas.ac.id


Nomor :
Lamp. : --
Hal : Pelaksanaan Ujian Skripsi

Kepada
Yth : Dekan Fakultas Hukum Unhas
Up. Pembantu Dekan I
Di –
Makassar

Dengan hormat,
Sehubungan dengan telah rampungnya naskah skripsi dari mahasiswa :
N a m a : ..............................................
No. Pokok : ..............................................
Bagian : ..............................................
Judul : ..............................................................................................
..............................................................................................
..............................................................................................

Dengan ini kami usulkan pelaksanaan ujian skripsi pada :
Hari/Tgl. : ..............................................
Waktu : Pk...............
Bertempat di Ruang : ...............................Fakultas Hukum Unhas
No Nama Status Tanda Tangan
1. Ketua 1. ...............
2. Sekretaris 2. ...............
3. Anggota 3. ...............
4. Anggota 4. ...............
5. Anggota 5. ...............
Demikian usulan ini, atas perhatian dan kerjasamanya dihaturkan terima kasih.
Makassar, ............................
Ketua / Sekretaris
Bagian Hukum........................


....................................................
NIP:

DEPARTEMEN PENDIDIKAN NASIONAL
UNIVERSITAS HASANUDDIN
FAKULTAS HUKUM
KAMPUS UNHAS TAMALANREA, JALAN PERINTIS KEMERDEKAAN, KM.10
MAKASSAR 90245, TELEPON/FAKSIMILI: 0411-587219, E-MAIL: hukum@unhas.ac.id


SURAT PENUGASAN
Nomor: ……/H4.7.1/KP.23/2008


Dekan Fakultas Hukum Unhas menugaskan dosen tersebut di bawah ini sebagai Panitia ujian skripsi mahasiswa:

Nama : .....................................................
No. Pokok : B111 ..............
Bagian : .....................................................
Judul : .......................................................................................................................................... ..........................................................................................................................................
..........................................................................................................................................l
Dengan komposisi panitia ujian skripsi sebagai berikut :

Ketua : ..................................................... (Pembimbing I)
Sekretaris : ..................................................... (Pembimbing II)
Anggota : 1. .....................................................
2. .....................................................
3. .....................................................
Panitia ujian skripsi, bertugas memberikan dan menguji kemampuan mahasiswa yang bersangkutan sesuai dengan Keputusan Dekan Fakultas Hukum Unhas No.989/J04.7/PP.30/2004 Tanggal 28 Mei 2004 tentang Pedoman Penyusunan Skripsi dan Pelaksanaan Ujian Sarjana di lingkungan Fakultas Hukum Unhas.
Dikeluarkan di : Makassar
Pada tanggal : …………………..

A.n. D e k a n,
Pembantu Dekan I,



Prof. Dr. Muh. Guntur, S.H., M.H.
NIP. 196501081990021001
Tembusan:
1. Yth Dekan Fakultas Hukum Unhas;
2. Yth Ketua/Sekretaris Bagian Hukum ……………..
3. Yth Kepala Bagian Tata Usaha Fakultas Hukum Unhas;
4. Yth Mahasiswa ybs;
5. Arsip

DEPARTEMEN PENDIDIKAN NASIONAL
UNIVERSITAS HASANUDDIN
FAKULTAS HUKUM
KAMPUS UNHAS TAMALANREA, JALAN PERINTIS KEMERDEKAAN, KM.10
MAKASSAR 90245, TELEPON/FAKSIMILI: 0411-587219, E-MAIL: hukum@unhas.ac.id


Nomor : Makassar, ...........................
Lampiran : --
H a l : UNDANGAN UJIAN SKRIPSI
Bagian :

Kepada
Yth. : 1. ………………………………………..
2. ………………………………………..
3. ………………………………………...
4. ………………………………………..
5. ………………………………………..
6. Mahasiswa Fakultas Hukum Unhas
yang sedang memprogramkan skripsi
Di-
Makassar

Dengan hormat kami mengundang Saudara untuk menghadiri ujian skripsi bagi mahasiswa a.n. ............................................................................... No. Pokok:...................... yang akan dilaksanakan pada:
Hari / Tanggal : ……………………….
Pukul : Pk..............Wita
Bertempat di : ……………………….Fakultas Hukum
Judul Seminar : .......................................................................................................
....................................................................................................... .......................................................................................................
Pembimbing : 1. ………………………………………….
2. ………………………………………….
Atas perhatian dan kehadiran Saudara diucapkan terima kasih.
A.n. D e k a n,
Pembantu Dekan I,



Prof. Dr. Muh. Guntur, S.H., M.H.
NIP. 131 876 817
Tembusan Yth. :
1. Yth. Ketua/Sekretaris Bagian Hukum ...........................;
2. Yth. Kepala Bagian Tata Usaha Fakultas Hukum Unhas;
3. Arsip

DEPARTEMEN PENDIDIKAN NASIONAL
UNIVERSITAS HASANUDDIN
FAKULTAS HUKUM
KAMPUS UNHAS TAMALANREA, JALAN PERINTIS KEMERDEKAAN, KM.10
MAKASSAR 90245, TELEPON/FAKSIMILI: 0411-587219, E-MAIL: hukum@unhas.ac.id


Nomor : Makassar, ...........................
Lampiran : --
H a l : UNDANGAN UJIAN SKRIPSI (ULANG)
Bagian :

Kepada
Yth. : 1. ………………………………………..
2. ………………………………………..
3. ………………………………………...
4. ………………………………………..
5. ………………………………………..
6. Mahasiswa Fakultas Hukum Unhas
yang sedang memprogramkan skripsi
Di-
Makassar

Dengan hormat kami mengundang Saudara untuk menghadiri ujian skripsi bagi mahasiswa a.n. ............................................................................... No. Pokok:...................... yang akan dilaksanakan pada:
Hari / Tanggal : ……………………….
Pukul : Pk..............Wita
Bertempat di : ……………………….Fakultas Hukum
Judul Seminar : .......................................................................................................
....................................................................................................... .......................................................................................................
Pembimbing : 1. ………………………………………….
2. ………………………………………….
Atas perhatian dan kehadiran Saudara diucapkan terima kasih.
A.n. D e k a n,
Pembantu Dekan I,



Prof. Dr. Muh. Guntur, S.H., M.H.
NIP. 131 876 817
Tembusan Yth. :
1. Yth. Ketua/Sekretaris Bagian Hukum ...........................;
2. Yth. Kepala Bagian Tata Usaha Fakultas Hukum Unhas;
3. Arsip


DEPARTEMEN PENDIDIKAN NASIONAL
UNIVERSITAS HASANUDDIN
FAKULTAS HUKUM
KAMPUS UNHAS TAMALANREA, JALAN PERINTIS KEMERDEKAAN, KM.10
MAKASSAR 90245, TELEPON/FAKSIMILI: 0411-587219, E-MAIL: hukum@unhas.ac.id


USUL PENGGANTIAN
DOSEN PENGUJI SKRIPSI

Sehubungan dengan pelaksanaan ujian skripsi atas nama mahasiswa :

N a m a : ……………………………
No. Pokok : B 111 ………..................

Akan tetapi, dosen pembimbing berhalangan/tidak hadir padahal yang bersangkutan telah menyetujui dan menandatangani kesedian menguji pada hari dan tanggal yang telah disepakati bersama, maka demi kelancaran pelaksanaan ujian tersebut, kami mengusulkan dilakukan penggantian dosen pembimbing dan penguji sebagai berikut :

No Dosen yang tidak hadir No Dosen Pengganti
1. 1.
2. 2.

Demikian usulan ini, atas perhatian dan kerjasamanya dihaturkan terima kasih.
Makassar, …………………. 20........
Bagian …………..
Ketua/Sekretaris



Mengetahui :
Pembantu Dekan I,


Prof. Dr. Muh. Guntur, S.H., M.H.
NIP. 196501081990021001


DEPARTEMEN PENDIDIKAN NASIONAL
UNIVERSITAS HASANUDDIN
FAKULTAS HUKUM
KAMPUS UNHAS TAMALANREA, JALAN PERINTIS KEMERDEKAAN, KM.10
MAKASSAR 90245, TELEPON/FAKSIMILI: 0411-587219, E-MAIL: hukum@unhas.ac.id


USUL PENGGANTIAN
DOSEN PEMBIMBING SKRIPSI

Sehubungan dengan penyusunan skripsi mahasiswa atas nama :

N a m a : ..............................................................
N I M : B111 ........................
Akan tetapi pembimbing I dan/atau pembimbing II berhalangan hadir, maka demi kelancaran proses penyelesaian studi mahasiswa tersebut, kami mengusulkan penggantian dosen pembimbing sebagai berikut :


No Dosen Pembimbing No Dosen Pembimbing Pengganti
1. 1.
2. 2.

Demikian usulan ini, atas perhatian dan kerjasamanya dihaturkan terima kasih.
Makassar, …………………. 20....
Bagian Hukum ……………
Ketua/Sekretaris

_____________________
NIP.
Mengetahui :
Pembantu Dekan I,


Prof. Dr. Muh. Guntur, S.H., M.H.
NIP. 196501081990021001

DEPARTEMEN PENDIDIKAN NASIONAL
UNIVERSITAS HASANUDDIN
FAKULTAS HUKUM
KAMPUS UNHAS TAMALANREA, JALAN PERINTIS KEMERDEKAAN, KM.10
MAKASSAR 90245, TELEPON/FAKSIMILI: 0411-587219, E-MAIL: hukum@unhas.ac.id


DAFTAR HADIR PANITIA UJIAN

NAMA MAHASISWA : ............................................................................................
NOMOR POKOK : ............................................................................................
BAGIAN : ............................................................................................
JUDUL SKRIPSI : ............................................................................................
............................................................................................
............................................................................................
............................................................................................
KEPUTUSAN PANITIA UJIAN : ............................................................................................

SUSUNAN PANITIA UJIAN

KETUA : ........................................................... (.............................)
SEKRETARIS : ........................................................... (.............................)
ANGGOTA PENGUJI : 1. ....................................................... ( ............................)
: 2. ....................................................... ( ............................)
: 3. ....................................................... ( ............................)
KONSULTAN I : ............................................................................................
KONSULTAN II : ............................................................................................
Makassar, ..................................20.....
Ketua Tim,



................................................................
DEPARTEMEN PENDIDIKAN NASIONAL
UNIVERSITAS HASANUDDIN
FAKULTAS HUKUM
KAMPUS UNHAS TAMALANREA, JALAN PERINTIS KEMERDEKAAN, KM.10
MAKASSAR 90245, TELEPON/FAKSIMILI: 0411-587219, E-MAIL: hukum@unhas.ac.id


DAFTAR HADIR UJIAN SKRIPSI


Nama dan No. Pokok : .............................................................................................
Bagian : .....................................................
Hari, Tanggal Seminar : ......................................................
Ruangan : .....................................................
No Nama Nip/Nim Tanda Tangan
1. 1. …...............
2. 2. …...............
3. 3. …...............
4. 4. …...............
5. 5. …...............
6. 6. …...............
7. 7. …...............
8. 8. …...............
9. 9. …...............
10. 10. …...............
11. 11. …...............
12. 12. …...............
13. 13. …...............
14. 14. …...............
15. 15. …...............
16. 16. …...............
17. 17. …...............
18. 18. …...............
19. 19. …...............
20. 20. …...............
21. 21. …...............
22. 22. …...............
23. 23. …...............
24. 24. …...............
25. 25. ...................

DEPARTEMEN PENDIDIKAN NASIONAL
UNIVERSITAS HASANUDDIN
FAKULTAS HUKUM
KAMPUS UNHAS TAMALANREA, JALAN PERINTIS KEMERDEKAAN, KM.10
MAKASSAR 90245, TELEPON/FAKSIMILI: 0411-587219, E-MAIL: hukum@unhas.ac.id


HASIL UJIAN SKRIPSI


N A M A : ........................................................................................
NOMOR POKOK : ........................................................................................
PROGRAM STUDI : ILMU HUKUM
BAGIAN : ........................................................................................
JUDUL SKRIPSI : ........................................................................................
........................................................................................
........................................................................................
........................................................................................

N I L A I : A B C D E

MAKASSAR, ..........................
CATATAN PERBAIKAN
. . PENGUJI I, II, III, IV, V
. .
. .
. . ( ) NIP.

DEPARTEMEN PENDIDIKAN NASIONAL
UNIVERSITAS HASANUDDIN
FAKULTAS HUKUM
KAMPUS UNHAS TAMALANREA, JALAN PERINTIS KEMERDEKAAN, KM.10
MAKASSAR 90245, TELEPON/FAKSIMILI: 0411-587219, E-MAIL: hukum@unhas.ac.id


CATATAN DOSEN UJIAN SKRIPSI

Judul Skripsi:
........................................................................................................................................................................
........................................................................................................................................................................
Penulis (Nama & No. Pokok) :
Bagian :
Hari, Tanggal Ujian :


....................................................................................................................... ...................................
....................................................................................................................................... ...................
................................................................................................................................... .......................
.................................................................................................................................... ......................
...........................................................................................................................................................
.................. ........................................................................................................................................
........................................ ..................................................................................................................
.............................................................. ............................................................................................
...........................................................................................................................................................
...........................................................................................................................................................
...........................................................................................................................................................
...........................................................................................................................................................
...........................................................................................................................................................
...........................................................................................................................................................
...........................................................................................................................................................
...........................................................................................................................................................
...........................................................................................................................................................
...........................................................................................................................................................
...........................................................................................................................................................
...........................................................................................................................................................
Dosen Penilai/Penguji,

......................................................
NIP:

DEPARTEMEN PENDIDIKAN NASIONAL
UNIVERSITAS HASANUDDIN
FAKULTAS HUKUM
KAMPUS UNHAS TAMALANREA, JALAN PERINTIS KEMERDEKAAN, KM.10
MAKASSAR 90245, TELEPON/FAKSIMILI: 0411-587219, E-MAIL: hukum@unhas.ac.id


HASIL UJIAN SKRIPSI


N A M A : ............................................................................................
NOMOR POKOK : ............................................................................................
PROGRAM STUDI : ILMU HUKUM
BAGIAN : ............................................................................................
JUDUL SKRIPSI : ............................................................................................
............................................................................................
............................................................................................
............................................................................................

NILAI PENGUJI : 1. ....................................................... ( ............................)
: 2. ....................................................... ( ............................)
: 3. ....................................................... ( ............................)
: 4. ....................................................... ( ............................)
: 5. ....................................................... ( ............................)

NILAI RATA-RATA: ____________
MAKASSAR, ..........................20.....
K E T U A, SEKRETARIS,



( ) ( )
NIP. NIP.

DEPARTEMEN PENDIDIKAN NASIONAL
UNIVERSITAS HASANUDDIN
FAKULTAS HUKUM
KAMPUS UNHAS TAMALANREA, JALAN PERINTIS KEMERDEKAAN, KM.10
MAKASSAR 90245, TELEPON/FAKSIMILI: 0411-587219, E-MAIL: hukum@unhas.ac.id




CATATAN HASIL UJIAN SKRIPSI/SARJANA


NAMA MAHASISWA : ........................................................................................
NOMOR POKOK : ........................................................................................


HASIL UJIAN


NILAI SKRIPSI : ........................................................................................
I.P. KUMULATIF : ........................................................................................

KEPUTUSAN

YUDISIUM : ........................................................................................
ALUMNI : ........................................................................................


MAKASSAR, ...............................20......

DEPARTEMEN PENDIDIKAN NASIONAL
UNIVERSITAS HASANUDDIN
FAKULTAS HUKUM
KAMPUS UNHAS TAMALANREA, JALAN PERINTIS KEMERDEKAAN, KM.10
MAKASSAR 90245, TELEPON/FAKSIMILI: 0411-587219, E-MAIL: hukum@unhas.ac.id


BERITA ACARA UJIAN SKRIPSI

Pada hari ini ................................, tanggal ......................................, telah dilaksanakan ujian skripsi atas nama mahasiswa:

Nama / Nomor Induk : ..................................................................................................................
Bagian : .................................................................................................................
Judul Skripsi : .................................................................................................................
.................................................................................................................
.................................................................................................................

HASIL / KEPUTUSAN

1. Skripsi yang bersangkutan diterima disertai catatan perlu perbaikan dengan mempertimbangkan masukan dosen dan mahasiswa/peserta seminar seperti tertera pada notulen terlampir;
2. Kepada mahasiswa tersebut diatas diwajibkan memperbaiki skripsi yang bersangkutan dengan arahan dosen pembimbing yang telah ditugaskan.


PANITIA UJIAN SKRIPSI
Nama Tugas Tanda tangan

1.............................................

2..............................................

3. ............................................

4. ............................................

5. ............................................

Ketua

Wakil Ketua

Anggota

Anggota

Anggota
1. ...................

2. .....................

3. ..................

4. .....................

5. ...................

Ketua,


................................................
NIP:







DEPARTEMEN PENDIDIKAN NASIONAL
UNIVERSITAS HASANUDDIN
FAKULTAS HUKUM
KAMPUS UNHAS TAMALANREA, JALAN PERINTIS KEMERDEKAAN, KM.10
MAKASSAR 90245, TELEPON/FAKSIMILI: 0411-587219, E-MAIL: hukum@unhas.ac.id




TANDA BUKTI PENYERAHAN SKRIPSI

Diterangkan bahwa skripsi mahasiswa :

Nomor Alumni : ........................................................................................
Nama : B111 .......................
Program Studi : ILMU HUKUM
Bagian : ............................................................
Judul Skripsi : ........................................................................................
........................................................................................
........................................................................................

Telah menyerahkan skripsi tersebut pada Sub-Bagian Akademik Fakultas Hukum Universitas Hasanuddin.


Makassar, .................................... 20..

Kasubag Akademik,





................................................................






DEPARTEMEN PENDIDIKAN NASIONAL
UNIVERSITAS HASANUDDIN
FAKULTAS HUKUM
KAMPUS UNHAS TAMALANREA, JALAN PERINTIS KEMERDEKAAN, KM.10
MAKASSAR 90245, TELEPON/FAKSIMILI: 0411-587219, E-MAIL: hukum@unhas.ac.id



PERSETUJUAN PEMBIMBING
SEMINAR PROPOSAL



Diterangkan bahwa skripsi mahasiswa :

Nama : ………………………………………………...

Nomor Pokok : B111 .................

Bagian : ...........................................

Judul Skripsi : ...................................................................
...................................................................
...................................................................


Telah diperiksa dan disetujui untuk diajukan pada seminar proposal.



Makassar, ...........................200..


Pembimbing I, Pembimbing II,




( ) ( )
NIP. NIP.









DEPARTEMEN PENDIDIKAN NASIONAL
UNIVERSITAS HASANUDDIN
FAKULTAS HUKUM
KAMPUS UNHAS TAMALANREA, JALAN PERINTIS KEMERDEKAAN, KM.10
MAKASSAR 90245, TELEPON/FAKSIMILI: 0411-587219, E-MAIL: hukum@unhas.ac.id



PERSETUJUAN PEMBIMBING SKRIPSI



Diterangkan bahwa skripsi mahasiswa :

Nama : ………………………………………………...

Nomor Pokok : B111 .................

Bagian : ...............................................

Judul Skripsi : ...................................................................
...................................................................
...................................................................


Telah diperiksa dan disetujui untuk diajukan pada ujian skripsi.



Makassar, ...........................200..


Pembimbing I, Pembimbing II,




( ) ( )
NIP. NIP.








DEPARTEMEN PENDIDIKAN NASIONAL
UNIVERSITAS HASANUDDIN
FAKULTAS HUKUM
KAMPUS UNHAS TAMALANREA, JALAN PERINTIS KEMERDEKAAN, KM.10
MAKASSAR 90245, TELEPON/FAKSIMILI: 0411-587219, E-MAIL: hukum@unhas.ac.id




PERSETUJUAN MENEMPUH UJIAN SKRIPSI

Diterangkan bahwa skripsi mahasiswa :

Nama : ........................................................................................
Nomor Pokok : B111 .......................
Program Studi : ILMU HUKUM
Bagian : ............................................................
Judul Skripsi : ........................................................................................
........................................................................................
........................................................................................

Memenuhi syarat untuk diajukan dalam ujian skripsi sebagai ujian akhir program studi.


Makassar, .................................... 20..

a.n. Dekan
Pembantu Dekan I,




Prof. Dr. Muh. Guntur, S.H., M.H.
NIP. 1966501041990021001







DEPARTEMEN PENDIDIKAN NASIONAL
UNIVERSITAS HASANUDDIN
FAKULTAS HUKUM
KAMPUS UNHAS TAMALANREA, JALAN PERINTIS KEMERDEKAAN, KM.10
MAKASSAR 90245, TELEPON/FAKSIMILI: 0411-587219, E-MAIL: hukum@unhas.ac.id


PERBAIKAN SKRIPSI
NAMA MAHASISWA: ........................................................................................................
NOMOR POKOK : .................................................
JUDUL SKRIPSI : .........................................................................................................
......................................................................................................................................................................................................................................................................................
Telah memperbaiki skripsi sesuai keputusan panitia ujian skripsi dengan perbaikan dari para penguji sebagai berikut:
Nama Tanda Tangan
1. ................................................................ 1. ............................
2.................................................................. 2.............................
3.................................................................. 3...............................
4.................................................................. 4.............................
5.................................................................. 5...............................
Makassar, .......................20........
Mahasiswa Ybs.,

.....................................................
Pembimbing I, Pembimbing II,


................................................................ ................................................................
NIP. NIP.
Mengetahui:
Ketua/Sekretaris Bagian .........................


..................................................................
NIP.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar